alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Siswa di Rumah Bisa Ikuti Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Online

07 April 2021, 10: 22: 25 WIB | editor : Ali Mustofa

JALUR KHUSUS: Siswa berjalan satu arah menuju ruang kelas MAN 1 Pati kemarin.

JALUR KHUSUS: Siswa berjalan satu arah menuju ruang kelas MAN 1 Pati kemarin. (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di MAN 1 Pati bisa diikuti siswa dari rumah. Setiap kelas diizinkan 18 siswa untuk megikuti simulasi ini. Sedangkan kapasitas setiap kelas maksimal 38 siswa. Sisanya, bisa mengikuti live streaming di youtube sekolah.

Uji coba ini berlangsung mulai Senin (5/4) hingga 16 April mendatang. Setiap hari MAN 1 menghadirkan 72 siswa/siswi dari kelas X dan XI untuk disimulasikan. Itupun, masih terbagi menjadi beberapa kelas.

Saat pemantauan di MAN 1 Pati, setiap ruang kelas ada kamera di tengah ruang kelas. Satu guru di depan semua siswa menjelaskan materi pembelajaran. Selain itu, ada dua orang pihak sekolah memantau berlangsungnya pembelajaran itu.

Baca juga: Mbak-Mbak Keno Razia

 Kepala MAN 1 Pati Moh Kodri mengatakan, PTM di MAN 1 Pati sendiri berlangsung selama dua jam atau empat jam pelajaran. Setiap satu jam pelajaran berdurasi 30 menit. Tidak ada jam istirahat dalam uji coba PTM ini. Mereka para siswa diwajibkan langsung pulang ketika PTM selesai. ”Nanti mereka membawa bekal sendiri. Karena kami menutup kantin sekolah,” katanya.

Selain itu, pihaknya menggelar PTM ini dengan prokes yang cukup ketat. Pada murid melewati alur khusus untuk menuju kelas. Semacam gambar anak panah di tempelkan di tiap jalan kelas. ”Itu menunjukkan arah. Jadi, satu arah jalannya. Itu, jalur masuk, sedangkan jalur keluar ya beda lagi,” saut Sri Murniyati humas sekolah itu.

Sebelum masuk ke kelas, para siswa ini diwajibkan mengunakan masker dan membawa cadangan masker dan membawa handsanitiser sendiri. Selain itu, pihaknya tetap menyiapkan tempat cuci tangan di depan kelas.

Para siswa diwajibkan mencuci tangan sebelum masuk kelas. Serta diwajibkan menjaga jarak ketika sebelum masuk kelas, ketika di kelas dan setelah pembelajaran.

Salah satu siswa, Kukuh Satrya Perdana mengaku, senang dengan uji coba PTM ini. Siswa kelas XI IPA 6 yang juga Ketua Osis Man 1 Pati ini berharap PTM segara dilakukan. Ini mengigat ia dan rekannya sudah satu tahun lebih tidak merasakan sekolah secara langsung ini.

”Kami juga butuh asupan mental dan budi pekerti yang bisa diajarkan ketika PTM,” tandasnya. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya