alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

PR Lama Belum Kelar: Angka Kematian Bayi di Grobogan Masih Tinggi

06 April 2021, 15: 07: 35 WIB | editor : Ali Mustofa

PR Lama Belum Kelar: Angka Kematian Bayi di Grobogan Masih Tinggi

GROBOGAN - Angka kematian bayi (AKB) usia 0-19 bulan di Grobogan per Februari ada 46 kasus. Masing tinggi. Ini masih menjadi PR Pemkab Grobogan dalam menurunkan angka kematian.

Kepala Dinkes Grobogan Slamet Widodo melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Agus Setijorini mengatakan pada 2019 ada 284 kasus dengan total kelahiran 21.621 bayi. Sedangkan pada 2020 ada 293 kasus kematian. Tahun ini per Februari ada 46 kasus.

“Angka kematian masih tinggi, bayi tersebut rata-rata meninggal saat proses kelahiran. Meski awal tahun ini angka kematian ibu (AKI) mampu ditekan, untuk AKB masih menjadi PR namun sudah semakin berkurang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Baca juga: Geledah Sel Tahanan Rutan Kelas IIB Jepara, Petugas Temukan Korek Api

Menurutnya, kematian bayi rata-rata disebabkan asfiksia (sesak nafas), infeksi dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) kurang dari 2.500 gram. “Penekanan penurunan kasus AKI dan AKB memang harus beriringan. Selama ini kami baru bisa menekan AKI, nantinya harus bisa diiringi AKB. Maka program persalinan sehat ibunya, ethes bayinya ini bisa berjalan optimal,” ungkapnya.

Selain itu, program Grobak bersama Atasi Kematian Emak dan Anak (Grobak Manak) juga kian digencarkan. Harapannya AKI dan AKB bisa menurun. Penekanan AKB juga diutamakan dengan peningkatan kualitas layanan kesehatan hingga menjaga kesehatan keselamatan bayi baru lahir ditentukan oleh kesehatan ibunya sendiri.

“Maka AKI dan AKB ini berkesinambungan. Programnya pun menjadi satu. Kami ada program Grobak Manak yang di dalamnya ada Kader Siji Sak Wong Meteng (Kaji Sawo Mateng) yang diharapkan bisa mengurangi AKI hingga AKB,” jelasnya.

Memang tidak mudah menyelesaikan tinggingnya kasus AKI AKB ini, karena perlu adanya peran di semua lapisan masyarakat. 

(ks/int/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya