alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

PTM Perdana di Rembang: Tak Ada Istirahat, Tak Boleh Tukar Barang

06 April 2021, 11: 27: 33 WIB | editor : Ali Mustofa

PROKES KETAT: Siswa di SDN Turusgede, Rembang, mengikuti pembelajaran tatap muka kemarin.

PROKES KETAT: Siswa di SDN Turusgede, Rembang, mengikuti pembelajaran tatap muka kemarin. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Sejumlah sekolah mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) perdana kemarin. Sistem berlaku menggunakan protokol kesehatan. Di antaranya siswa harus menunggu jemputan di kursi yang telah disediakan. Tidak bolah tukar barang. Seperti alat tulis, makanan. Juga tak boleh jajan di sekolah.

Sudah setahun murid-murid belajari rumah. Otomatis, di hari perdana di era normal baru, sekolah langsung mengajar murid baru.

Ada 40 sekolah yang melaksanakan PTM kemarin. 12 SMP dan 28 SD. Di Kecamatan Rembang Kota, salah satu yang melaksanakan tatap muka SDN Turusgede. Pihak sekolah membatasi jumlah siswa yang masuk berdasarkan absen.

Baca juga: UMKM Jateng Naik Kelas, Isi Stand di Jaringan Hotel Accor

Sebelum masuk, mereka harus melewati serangkaian protokol kesehatan. Mulai cek suhu hingga cuci tangan. Di halaman sekolah ditata sejumlah kursi. Sebagai tempat siswa menunggu jemputan ketika pulang sekolah.

Kepala SD Turusgede Sri Sulasmiati mengatakan setiap anak mulai dibiasakan mengikuti protokol kesehatan (prokes). Di kelas, beberapa bangku nampak kosong. Yang seharusnya satu bangku diisi dua orang, hanya diisi satu murid. Jaga jarak. Satu kelas hanya diisi maksimal 18 siswa.

Jam sekolah juga dipersingkat. Masuk mulai pukul 07.30 sampai 09.30. Di sela-sela jam pelajaran, diberi waktu luang untuk makan bekal. Sekitar 10 menit. Tak ada istirahat. Sehingga, materi yang disampaikan harus dipilah-pilah yang dinilai esensial. ”Materi yang betul-betul perlu dijelaskan. Kelas IV, V, dan VI itu tiga jam pelajaran. Mulai jam 08.00 sampai 11.00," katanya.

Tempat duduk anak juga tak boleh pindah-pindah. Meminjam alat tulis juga tak diperkenankan. Total kemarin ada 78 siswa yang mengikuti PTM. Kemarin yang masuk mulai absen 1-13. Hari berikutnya gantian absen selanjutnya.

Sudah setahun sekolah di Rembang melaksanakan pembelajaran dari rumah. Sampai melampui tahun ajaran baru. Di SDN Turusgede, untuk siswa kelas I merupakan murid-murid baru. Sebelumnya, mereka diajar oleh guru yang berkunjung ke rumah masing-masing.

”Dulu home visit. Ada per kelompok. Kalau tidak salah kemarin ada empat kelompok,” jelasnya.

Sebelum pandemi duduk di kelas dua, kemarin pada PTM perdana sudah menempati kelas III. Begitupun seterusnya.

(ks/vah/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya