alexametrics
Sabtu, 10 Apr 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Persiapan PTM, Disdikpora Kudus: Yang Tak Ditunjuk, Tetat Siaga Ya!

05 April 2021, 16: 47: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

JELANG SEKOLAH TATAP MUKA: Disdikpora Kudus mengecek SMP 1 Jekulo Kudus menjelang simulasi pembelajaran tatap muka dimulai.

JELANG SEKOLAH TATAP MUKA: Disdikpora Kudus mengecek SMP 1 Jekulo Kudus menjelang simulasi pembelajaran tatap muka dimulai. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) meminta sekolah yang tidak ditunjuk mengikuti simulasi untuk tetap mempersiapkan diri. Sebab sewaktu-waktu jika pembelajaran tatap muka dimulai, sekolah sudah siap.

Plt Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widodo mengatakan, semua sekolah di Kudus, baik SD ataupun SMP untuk mempersiapkan diri. Hal itu untuk antisipasi jika seluruh sekolah sudah diperbolehkan menggelar PTM.

Saat ini baru ada satu sekolah di bawah naungan Disdikpora Kudus yakni SMP 1 Jekulo dan tiga sekolah tingkat SMA sederajat yang ditunjuk menjadi pilot project simulasi pembelajaran tatap muka.

Baca juga: Hari Ini Mobil Arah Barat di Jalan Sunan Kudus Dilarang Melintas

Dia mengatakan, tidak ada salahnya seluruh sekolah dari berbagai tingkat di Kudus mempersiapkan diri untuk menghadapi PTM. Sehingga, ketika PTM sudah diperbolehkan sekolah-sekolah akan selalu siap.

“Seperti sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan harus sudah siap. Tidak ada salahnya juga mulai persiapan dulu,” jelasnya.

Sarana prasarana yang harus dipersiapkan, lanjut dia, seperti, tempat cuci tangan atau hand sanitizer dengan jumlah mencukupi. Kemudian, thermo gun, masker cadangan untuk persiapan, hingga pengecekan alat-alat hingga obat-obatan di unit kesehatan sekolah (UKS).

Pihaknya juga sudah mempersiapkan face shield yang akan didistribusikan untuk sekolah yang akan menggelar pembelajan tatap muka. “Kalau semua sekolah diberi sekarang, face shield bisa rusak,” imbuhnya.

Harapannya Kudus segera masuk zona hijau. Sehingga PTM diperbolehkan untuk semua sekolah di Kudus. Pihaknya juga berharap evaluasi simulasi PTM nanti akan berdampak baik.

“Doakan saja simulasi PTM sukses. Dengan begitu jumalah sekolah yang bisa melaksanakan PTM akan bertambah. Makanya,  sekolah-sekolah bersiap dulu,” paparnya.

Plt Kepala SMP 1 Jekulo Sujarwo mengatakan, bangku-bangku sudah ditata berjarak. Nanti, masing-masing siswa diberi hand sanitizer.

”Jam pembelajaran mulai pukul 07.30 hingga 09.30. Persiapan sudah 100 persen, kran cuci tangan juga sudah dicek semua,” ungkapnya. Dia mengaku, ada 108 siswa yang akan simulasi pembelajara tatap muka. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP