alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Tak Mau Debat Ngotot

05 April 2021, 09: 37: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

Umi Zakia Azzahro

Umi Zakia Azzahro (Dok. Pribadi)

Share this      

MENYABET juara II Duta Generasi Berencana (Genre) tingkat Kudus menjadi kebanggaan bagi Umi Zakia Azzahro. Wajar saja kalau menjadi salah satu pemenang. Multitalenta dan publik speaking-nya sudah terasah sejak sekolah.

Akhir-akhir ini Umi panggilan akrabnya, suka acara-acara yang sifatnya membahas suatu masalah dan berdiskusi serta adu argument. Pernah berprestasi juara 1 Debat Pelajar se-Kabupaten Kudus 2020.

”Yang saya rasakan kalau debat itu asyik. Tapi ya nggak ngotot-ngotot gitu. Perdebat yang intelek. Jadi mau ga mau saya harus luas wawasannya. Ya, tiap hari update info terkini, entah itu isu politik, ekonomi, isu-isu yang lagi trending dan lainnya,” ungkapnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI Dorong Pemda Peduli Terhadap Cagar Budaya

Menurutnya, debat bisa membuatnya makin percaya diri. Sehingga butuh pengetahuan juga, tidak sekadar ngomong tapi tak punya dasar. Umi sejak TK sudah menekuni beberapa skill. Di antaranya, menari, karate, monolog, baca puisi.

Hobinya suka naik gunung, tapi untuk saat ini tidak dilakoninya, lebih suka mengasah kemampuannya untuk debat. Umi mulai aktif berorganisasi  waktu SMP menjadi ketua Palang Merah Remaja (PMR).

 Kemudian waktu SMA tambah banyak kegiatannya seperti di PMR, OSIS, menjadi sekretaris Pramuka ambalan Larasati SMA 1 Jekulo sering mengikuti kompetisi pada masa SMA, gabung karang taruna dan IPPNU.

Untuk sekarang Umi kuliah semester II, jurusan Ilmu Hukum di UIN Sunan Kalijaga, Jogjakarta dan aktif di himpunan mahasiswa program studi (HMPS) Ilmu Hukum sebagai sekretaris.

Selain itu, tergabung dalam Komunitas Peradilan Semu UIN Sunan Kalijaga, Komunitas Pemerhati Konstitusi UIN Sunan Kalijaga, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan juga lembaga media di layanan penyandang difabel.

”Saya usia dua tahun ayah meninggal, sejak kecil sudah mandiri dibebaskan ikut apa aja asal positif. Saya ingin membuat ibu merasa tidak kesepian dan bangga menjalani hidup dengan bahagia dengan prestasi yang saya miliki,” terangnya.

(ks/san/zen/top/JPR)

 TOP