alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Tradisi Tongtongklek Dibikin Virtual, Diguyur Anggaran Rp 27 Juta

04 April 2021, 09: 15: 04 WIB | editor : Ali Mustofa

MASIH BEBAS: Peserta tongtongklek menunjukkan performa saat pagelaran sebelum pandemi lalu.

MASIH BEBAS: Peserta tongtongklek menunjukkan performa saat pagelaran sebelum pandemi lalu. (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Tradisi Tongtongklek diupayakan tetap berlangsung pada Ramadhan tahun ini. Namun, rencananya akan digelar secara virtual. Dengan anggaran Rp 27 juta.

Kegiatan seni tongtongklek biasanya digelar pada penghujung bulan Ramadan. Sebelum pandemi, acara ini yang dinanti dan selalu ramai. Tahun ini, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang melalui Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Purwono, pihaknya mengupayakan agar tongtongklek bisa digelar.

Namun, pelaksanaannya tetap dalam konsep virtual. Baru-baru ini sudah ada rapat pembahasan ekonomi dan kegiatan dimasa Ramadan.

Baca juga: Kampung Ramadan di Rembang Ditiadakan karena Faktor ini

Ia menilai, tradisi ini ditunggu oleh masyarakat. Tahun lalu, acaranya sudah ditiadakan. Sebab dalam suasana pandemi. Karena tahun ini direncanakan secara virtual, seleksi nantinya peserta tongtongklek akan dilakukan ditingkat kecamatan hingga menyisakan 5 peserta terbaik yang akan tampil.

“Kami nanti tetap berupaya dengan cara yang harus kami sikapi. Tongtongklek itu mungkin ditunggui oleh masyarakat. Akan kami cari jalan keluar. Rencananya sih kami mau buat kegiatan tongtongklek itu virtual ,”ujarnya.

Ke depan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab. Tongtongklek virtual ini masih bersifat usulan. Terkait ketersediaan anggaran, ia menjelaskan, saat ini ada Rp 27 juta setelah adanya refocusing. “Tongtongklek di kami tinggal Rp 27 juta. Dan Syawalan itu sekitar Rp 18 juta “ imbuhnya.

Setelah perencanaan matang dan sudah didiskusikan dengan berbagai pihak, pihaknya akan menyampaikan usulan ini kepada Bupati. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP