alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

Tiga Calon Wakil Bupati Jepara Bersaing Lobi Fraksi

Dua dari Kader, Satu Pensiunan PNS

01 April 2021, 12: 00: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

DARI KE KANAN: Andi Rokhmat, Siti Aizatin, Mulyaji

DARI KE KANAN: Andi Rokhmat, Siti Aizatin, Mulyaji (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Tiga nama calon wakil bupati Jepara dari DPP PDI Perjuangan sudah terbit Sabtu (27/3). Mereka Siti Aizatin, Mulyaji, dan Andi Rokhmat. Ketiganya ini sudah melobi anggota dewan di masing-masing fraksi di DPRD Jepara. 

Siti Aizatin dan Andi Rokhmat merupakan kader PDI Perjuangan. Andi Rokhmat saat ini juga menjabat direktur umum Perumda Jepara.

Sementara Mulyaji satu-satunya orang yang dari birokrat. Mulyaji sebelumnya menjabat asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jepara. Dirinya belum lama ini pensiun. 

Baca juga: Ditutup, TMMD Sengkuyung I Tuntaskan Lima Fasilitas Infrastruktur

Sebelumnya ada 12 nama yang mendaftar cawabup Jepara. Selain ketiga nama di atas ada dari struktur partai yaitu Toyib, Siti Aizatin, Ahmad Rifa'i, Budi Laksana, Mersa Nabela, Nur Kholis, dan Bobby Alfianto. Juga kader PDI P Ahmad Gunawan. Dari luar anggota PDI P ada Adib Khoiruzzaman dan Sudiharto.

Penetapan tiga nama itu tertuang pada surat dari DPP PDI Perjuangan kepada DPC PDI Perjuangan Jepara tertanggal 27 Maret 2021.

Surat dengan perihal instruksi itu menugaskan ketiga calon untuk menggalang dukungan dan menjalin komunikasi politik kepada fraksi-fraksi di DPRD Jepara. Hasil penggalangan dukungan itu diminta untuk dilaporkan selambat-lambatnya sepekan usai surat dikeluarkan.

Instruksi itu langsung ditandatangani Ketua DPP PDI Perjuangan Sukur P. Nababan dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto. Tembusan kepada Ketua Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDI Perjuangan, DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jepara, dan ketiga calon yang bersangkutan.

Menanggapi hal itu DPC PDI Perjuangan Jepara belum banyak memberikan komentar. Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara Andang Wahyu Triyanto melalui Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jepara Junarso mengatakan menunggu proses yang sedang berlangsung. ”Sementara tunggu dulu,” katanya.

Sementara itu salah satu calon, Andi Rokhmat menyatakan kesiapannya untuk mendampaingi Dian Kristiandi. Sedangkan instruksi komunikasi dengan fraksi di DPRD Jepara sudah ia lakukan. Bahkan sebelum ada penetapan dari DPP terkait nama yang direkomendasikan menjadi calon wakil bupati ia intens menjalin komunikasi politik dengan fraksi-fraksi.

”Pasti siap. Ini tugas dari partai. Sebagai kader, tentunya tegak lurus dengan instruksi partai. Saya siap mendampingi bapak Bupati (Jepara) Dian Kristiandi,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Siti Aizatin. Usai menerima instruksi ia mulai menjalin komunikasi politik dengan fraksi di DPRD Jepara. Menurutnya, apa yang menjadi petunjuk partai harus dijalankan dengan baik. Meskipun sisa masa jabatan kepala daerah tinggal setahun. “Instruksi langsung saya tindak lanjuti. Komunikasi politik sejak Selasa (30/3),” katanya.

Sedangkan Mulyaji hingga sore kemarin belum bisa dihubungi.

Bupati Jepara Dian Kristinadi mengaku hingga kini belum ada perintah PDI Perjuangan kepada dirinya. Soal rekomendasi itu, Andi-panggilan akrab Dian Kristiandi-itu urusan masing-masing calon.

(ks/zen/war/top/JPR)

 TOP