alexametrics
Selasa, 20 Apr 2021
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

PLTU Rembang Raih Penghargaan BUMN Terbaik dalam Penerapan K3

Keselamatan Kesehatan Kerja Jadi Budaya

29 Maret 2021, 10: 59: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

MEGAH: PT. Pembangkit Jawa-Bali Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan (UBJOM) PLTU Rembang.

MEGAH: PT. Pembangkit Jawa-Bali Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan (UBJOM) PLTU Rembang. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – Penghargaan Radar Kudus Award Tahun 2020 kembali diberikan kepada PT. Pembangkit Jawa-Bali Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan (UBJOM) PLTU Rembang. Penghargaanya sebagai BUMN terbaik dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Ini tidak lepas budaya diseluruh aktifi tas di UBJOM mengacu kepada Sistem Operasional Prosedur ( SOP ) ataupun instruksi kerja yang ditetapkan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

SMK3 adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif ( Peraturan Pemerintah no 50 tahun 2012 ).

Untuk menjaga komitmen pelaksanaan dari peraturan pemerintah tersebut, maka secara berkala dilakukan audit implementasi pelaksanaan SMK3 oleh lembaga independen paling lama 3 tahun. PT. PJB UBJOM PLTU Rembang telah dilaksanakan re-audit SMK3 (audit periode 3 tahun kedua ) dan dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Agustus 2020 oleh PT Surveyor Indonesia (Persero) dengan hasil bendera emas (Memuaskan).

Secara umum dalam dunia kerja yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) di tempat kerja adalah review aturan yang ada, serta ada pengawasan yang terus menerus dalam periode tertentu dan untuk menciptakan tempat kerja yang aman dan nyaman minimal ada 3 unsur yang terpenuhi yaitu: Tenaga Kerja yang kompeten (berkeahlian), Peralatan kerja yang layak (tersertifi kasi) dan Tempat kerja yang aman untuk bekerja (sudah dilakukan identifikasi resiko).

JADI MOTIVASI: General Manager PT UBJOM PLTU Rembang Hendrie Bastian bersama jajaranya berfoto bersama Tim Jawa Pos Radar Kudus Award usai penyerahan penghargaan.

JADI MOTIVASI: General Manager PT UBJOM PLTU Rembang Hendrie Bastian bersama jajaranya berfoto bersama Tim Jawa Pos Radar Kudus Award usai penyerahan penghargaan. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Dalam setiap kesempatan yang ada, selalu dilakukan pengawasan di tempat kerja (live audit ) baik oleh pengawas pekerjaan maupun Manajemen PT. PJB UBJOM Rembang ( Walk Down Manajemen ) untuk memastikan pekerjaan dilakukan benar-benar aman atau tidak dimulai dari tenaga kerja, tempat dan lingkungannya.

Berbagai langkah dilakukan untuk menumbuhkan semangat disiplin K3 di lingkungan PLTU Rembang. Mulai dari penyampaian Safety Induction sebelum memulai pekerjaan, rapat koordinasi pengawas pekerjaan serta pemberlakuan reward pada periode tertentu tentunya juga punishment K3 bagi tenaga kerja yang melakukan pelanggaran peraturan.

Untuk memastikan sebagai tempat kerja yang aman dan nyaman sesuai Undang Undang Ketenagakerjaan ( UU NO 1/1970 ), maka setiap orang yang berada di lingkungan perusahaan ( baik tamu ataupun tenaga kerja ) wajib mematuhi aturan K3 yang diterapkan. 

”Kita secara kondusif, terus menerus selalu sampaikan dan mengingatkan tentang pentingnya K3 kepada setiap orang yang berada di perusahaan, misal resiko- resiko pekerjaan, alat pelindung diri yang harus digunakan terlebih saat masa pandemi saat ini adalah sangat pentingnya protokol kesehatan dengan 5 M ( Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan tidak untuk Makan bersama di tempat kerja) disinilah senantiasa ditumbuhkan budaya itu,” ungkapnya.

KOMITEMEN: General Manager PT UBJOM PLTU Rembang Hendrie Bastian meraih penghargaan Radar Kudus Award atas komitmennya di bidang K3.

KOMITEMEN: General Manager PT UBJOM PLTU Rembang Hendrie Bastian meraih penghargaan Radar Kudus Award atas komitmennya di bidang K3. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

PT. PJB UBJOM PLTU Rembang setiap akhir tahun selalu mengajukan diri kepada Departemen Tenaga Kerja Indonesia untuk mendapatkan Penghargaan kecelakaan nihil ( zero accident award) Untuk mengukur pelaksanaan K3 di perusahaan, maka PT. PJB secara Corporate secara rutin pada bulan K3 (Januari – Februari ) setiap tahun selalu dilaksanakan lomba K3 antar unit seluruh Indonesia dan PT. PJB UBJOM PLTU Rembang pada tahun 2020 berpartisipasi dalam lomba yang diikuti 36 unit seluruh Indonesia membuahkan persetasi membanggakan.

Prestasi yang disabet tersebut tidaklah instan, tetapi sudah melalui berbagai tahapan dimulai dari Komitmen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) oleh Top Manajemen, latihan terjadwal dan terukur, serta dukungan dari seluruh work force yang ada di perusahaan.

Selanjutnya dalam rangka update peraturan dengan kondisi saat ini, selalu dilakukan review misal aturan bekerja di ketinggian mulai dari tinggi tempat kerja ataupun alat pelindung diri yang wajib digunakan jika sebelumnya hanya memakai sabuk pengaman (safety belt) menjadi full body harness. Contoh lain adalah model sepatu safety, jika selama ini kesannya kaku dan berat diganti dengan sepatu safety yang kekinian dan fashionable saat digunakan. 

(ks/ali/noe/top/JPR)

 TOP