alexametrics
Minggu, 07 Mar 2021
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

DPRD Grobogan Ikuti Penyamaan Pokir dengan Kemendagri

23 Februari 2021, 16: 02: 58 WIB | editor : Ali Mustofa

DENGARKAN PAPARAN: Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto bersama Sekda Sumarsono dan OPD terkait mendengarkan penyampaian pokok pikiran.

DENGARKAN PAPARAN: Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto bersama Sekda Sumarsono dan OPD terkait mendengarkan penyampaian pokok pikiran. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN – DPRD Kabupaten Grobogan mengikuti rapat koordinasi (rakor) secara virtual dengan Kemendagri dan Kementerian Keuangan. Dengan bahasan penyampaian persepsi pokok pikiran (Pokir). Rakor digelar di ruang paripurna satu DPRD setempat, Senin (22/2).

Rapat diikuti Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto bersama anggota, Sekda Sumarsono, Kepala Bappeda Grobogan Anang Armunanto, Kepala BPPKAD Grobogan Wahyu Soesitijono.

Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto mengatakan, rakor penyampaian persepsi dan Pokir DPRD dalam penyusunan APBD Grobogan 2022 melalui sistem informasi pemerintah daerah. Rakor tersebut juga membahas tentang memasukkan program dan sistem dalam anggaran.

”Nanti akan ditindaklanjuti dengan Bintek. Biar anggota DPRD benar benar paham tentang program anggaran melalui SIPD,” kata Agus Siswanto.

Bimbingan teknis ini akan mengundang dari Kemendagri untuk memberi nilai tambah. Apalagi untuk pelaksanaan tugas pimpinan dan anggota DPRD. Setiap anggota bisa langsung memahami implementasi untuk tugas dan fungi sebagai anggota DPRD.

”Pengawasan dan fungsi DPRD sangat penting untuk dipahami agar berbagai pokok pikiran anggota dewan yang didasari pada aspirasi masyarakat bisa langsung dipahami,” ujarnya.

Dengan adanya bintek ini pelaksanaan kinerja anggota dewan dan pengelolaan keuangan yang lebih baik, sehingga peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dicapai. Tujuan bintek ini bisa meningkatkan kemampuan wakil rakyat dalam menjalankan tugas pokok.

”Fungsi anggota dewan sebagai pengawasan perlu adanya peningkatan agar bisa mengawal pembangunan daerah bisa lebih maju,” terang dia.

Selain itu, dewan juga melaksanakan tugas dan wewenang dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan ketentuan perundang-undangan melalui komisi-komisi dan melalui pandangan fraksi dalam rapat paripurna. Kemudian menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat melalui reses, rapat dengar pendapat, dan penerimaan audiensi.

Dalam kesempatan itu, Agus juga menyampaikan selama 2020 juga terjalin hubungan kerja sama baik antara DPRD Grobogan dan Pemkab Grobogan. Pihaknya berharap pada 2021 ini hubungan kerja bisa terjalin baik dan bisa ditingkatkan untuk tujuan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Kami mendukung program kinerja dari pemerintah daerah untuk pembangunan daerah,” tandasnya. 

(ks/mun/mal/top/JPR)

 TOP