alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Perubahan Anggaran Desa untuk PPKM Mikro Nyantol di Kecamatan

23 Februari 2021, 10: 39: 15 WIB | editor : Ali Mustofa

Edy Marwoto, Kepala Dinsospermades Jepara

Edy Marwoto, Kepala Dinsospermades Jepara (M. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Perubahan anggaran desa untuk PPKM skala mikro masih diverifikasi di tingkat kecamatan. Belum ada satu pun dari total 184 desa di Kota Ukir yang menyerahkan berkas ke Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Jepara.

Kepala Dinsospermades Jepara Edy Marwoto mengungkapkan, perubahan anggaran telah dilakukan desa-desa di Jepara. ”Ada yang masih musyawarah desa, ada pula yang sudah merefocusing anggaran,” ungkap Edy Marwoto.

Ia mengaku desa-desa tersebut saat ini tengah memproses pengajuan administrasi di tingkat kecamatan. Alurnya, pengajuan perubahan anggaran tersebut dari desa diserahkan ke kecamatan.

Selanjutnya, evaluasi dilakukan oleh pihak kecamatan. Dari kecamatan, baru diserahkan ke Dinsospermades Jepara. ”Nanti kita lakukan evaluasi lagi,” ujar Edy Marwoto.

Kabid Bina Pemerintahan Desa Dinsospermades Muh. Taufik mengungkapkan, perubahan APBDes dalam rangka mendukung pelaksanana PPKM Mikro. Desa harus menganggarkan minimal delapan persen untuk PPKM skala mikro.

”Sementara masih di kecamatan. Kalau yang minta nomor register Perdes APBDes perubahan sudah banyak. Tapi untuk fisiknya, belum sampai ke Dinsospermades,” ujar Muh. Taufik.

PPKM skala Mikro di Jepara awalnya berlangsung sejak Selasa (9/2) hingga Senin (22/2). Kegiatan tersebut diperpanjang lagi sejak hari ini (23/2) hingga Senin (8/3). ”PPKM Mikro ini dinilai efektif. Sehingga kemungkinan masih bisa diberlakukan lagi selanjutnya,” kata Edy Marwoto. (rom)

(ks/lid/top/JPR)

 TOP