alexametrics
Minggu, 07 Mar 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Tebing Setinggi Lima Meter di Kudus Longsor dan Tutupi Jalan

20 Februari 2021, 13: 52: 29 WIB | editor : Ali Mustofa

GOTONG ROYONG: Warga secara swadaya membersihkan material longsor di Dukuh Semliro, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog.

GOTONG ROYONG: Warga secara swadaya membersihkan material longsor di Dukuh Semliro, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog. (PEMDES RAHTAWU FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Longsor terjadi kembali di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog pada Jumat (19/2) pagi. Tebing setinggi lima meter menutup jalan. Dalam waktu 30 menit, warga yang gotong royong berhasil menyingkirkan longsoran.

Kepala Desa Rahtawu Didik Ariyadi menyatakan, longsor tersebut terjadi pukul 04.00. Lokasi longsor terjadi di RT 4/RW 4, Dukuh Semliro. Longsor tersebut diakibatkan oleh tingginya intensitas hujan yang turun pada Kamis malam.
Pihaknya menyebut longsor tersebut menutup akses jalan menuju rumah warga. Sementara jarak longsor dari rumah warga berjarak 100 meter. Tak ada korban dari bencana itu. ”Ada longsor sedikit, volumenya sekitar 16 meter kubik. Tidak ada korban jiwa,” terangnya.
Material longsor yang menutup jalan tersebut dibersihkan oleh warga secara swadaya. Masyarakat membersihkan longsor dengan alat sederhana. Salah sataunya cangkul. Pada  pukul 08.00 warga berhasil membersihkan material longsor yang menutup jalan tersebut. ”Pembersihan sekitar 30 menit,” tambahnya.
Untuk antisipasi longsor lagi, pihaknya telah menyiagakan satgas bencana. Lantaran desa Rahtawu telah menjadi desa tanggap bencana (destana). Anggotanya ada 30 orang. Satgas itu terbentuk di empat dukuh di Desa Rahwatu. 

(ks/gal/lid/top/JPR)

 TOP