alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Pengukir Jepara Bakal Punya Ijazah Setara D-1

19 Februari 2021, 16: 04: 02 WIB | editor : Ali Mustofa

TINGKATKAN KESEJAHTERAAN: Seorang pengukir sedang menyelesaikan pekerjaannya. Para perajin kayu ini, bisa mendapat sertifikasi yang berguna meningkatkan kesejahteraan mereka.

TINGKATKAN KESEJAHTERAAN: Seorang pengukir sedang menyelesaikan pekerjaannya. Para perajin kayu ini, bisa mendapat sertifikasi yang berguna meningkatkan kesejahteraan mereka. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA Pengukir Jepara memiliki kesempatan mengikuti vokasi pendidikan ukir stara D-1. Kualifikasi pendidikan pengukir di beberapa perusahaan menjadi pertimbangan khusus dalam hal kesejahteraan.

Anggota Komisi B (DPRD) Provinsi Jawa Tengah Andang Wahyu Triyanto mengatakan, banyak keluhan soal pengukir yang sekarang minim kesejahteraan. Tahun ini, ada program pelatihan setara D-1 teknologi ukir.

”Selesai mengikuti pelatihan, kesejahteraan pengukir bisa ditingkatkan. Harus dipahami, jika sudah masuk ke perusahaan, tingkatan ijazah menentukan jumlah gaji. Sertifikasi ini berlaku setara D-1,” tuturnya.

Pelatihan yang akan dilakukan oleh Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu dengan lokasi di SMKN 2 Jepara ini, dimaksudkan agar pengukir Jepara bisa terus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang memang tidak bisa dihindari.

”Pendaftaran dibuka sampai 7 Maret nanti. Pelatihan ini gratis dan khusus untuk warga Jepara. Difasilitasi kementerian. Tenaga ahlinya pun melibatkan ahli ukir dari Jepara,” kata anggota Fraksi PDI P asal daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah 3 (Jepara, Kudus, Demak) tersebut.

Sosok yang juga ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jepara itu, mendorong adanya lembaga sertifikasi pengukir. Agar para pengukir Jepara bisa mengikuti sertifikasi. Komunikasi terus dijalin dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, agar bisa terealisasi di Jepara.

”Nantinya tidak ada lagi istilah tukang ukir. Adanya ahli ukir. Dari sertifikasi ini, juga bisa menjadi pijakan untuk mencapai ahli ukir yang sejahtera,” imbuhnya. 

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP