alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Pleno hingga Paripurna Penetapan Bupati Maraton Rampung Sehari

18 Februari 2021, 13: 20: 31 WIB | editor : Ali Mustofa

Pleno hingga Paripurna Penetapan Bupati Maraton Rampung Sehari

REMBANG Jadwal pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Rembang dikebut. Pasangan calon (paslon) pemenang pemilihan kepala daerah (pilkada) ditargetkan bisa mengikuti tahap pertama pelantikan pada 25 atau 26 Februari nanti. Pleno penetapan hingga paripurna bakal dilaksanakan dalam sehari.

Mulai kemarin, Abdul Hafidz dan Bayu Andriyanto tak lagi menjabat sebagai bupati dan wakil bupati Rembang. Untuk sementara, kekosongan jabatan itu diisi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Edy Supriyanta.

Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah (Prokompimda) Setda Rembang Arief Dwi Sulistya menyampaikan, terhitung pukul 00.01 kemarin, bupati sudah dijabat Plh. Dengan begitu, kegiatan bupati sudah diampu Edy Supriyanta.

”Jadi tidak ada kekosongan jabatan bupati. Walaupun serah terima memori jabatan baru akan dilaksanakan sore nanti (kemarin, Red)," jelasnya. Penyerahan memori jabatan itu, merupakan simbolis Abdul Hafidz dan Bayu Andriyanto bahwa masa jabatan periode 2016-2021 sudah selesai.

Di hari kerja pertama Plh kemarin, diadakan rapat persiapan untuk pengajuan pelantikan bupati Rembang. Dihadiri sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang, sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang, asisten 1, asisten 2, dan pihak terkait lain.

Agenda rapat itu membahas percepatan sidang pleno KPU yang akan dilaksanakan Jumat (19/2) pagi. Kemudian dilanjut siang hari rapat paripurna DPRD untuk pengumuman bupati dan wakil bupati terpilih. Sore harinya diharapkan dokumen pengajuan syarat pelantikan sudah bisa dikirim ke provinsi. Sekaligus dikawal sampai Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

”Dipastikan supaya bupati dan wakil bupati terpilih bisa ikut pelantikan pada tahap pertama," katanya. Tahap pertama diperkirakan 25-26 Februari. Sementara tahap kedua diperkirakan sekitar pekan pertama April. 

(ks/vah/lin/top/JPR)

 TOP