alexametrics
Selasa, 09 Mar 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Kecamatan Sulang dan Sluke Rawan Longsor

17 Februari 2021, 08: 59: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

WASPADA: Longsoran di Desa Manggar, Sluke dan tanah bergerak di Desa Landoh, Sulang yang terjadi pada pekan lalu membuat warga setempat mesti hati-hati.

WASPADA: Longsoran di Desa Manggar, Sluke dan tanah bergerak di Desa Landoh, Sulang yang terjadi pada pekan lalu membuat warga setempat mesti hati-hati. (BPBD REMBANG FOR RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – Hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah titik di Kota Garam mengalami tanah retak dan longsor. Pada pekan lalu, tanah retak sepanjang 20 meter terjadi di Desa Landoh, Kecamatan Sulang. Tidak hanya itu, longsoran tanah menerjang pemukimah di Desa Manggar, Kecamatan Sluke.

Kepala Seksi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang Pramujo mengungkapkan, selain karena intensitas hujan tinggi, tanah retak yang melorot 10 meter tersebut juga disebabkan tanahnya yang lembek. Tekstur tanah tersebut diduga karena menjadi lokasi pembuangan kotoran sapi.

”Itu memang tanahnya di pinggir sungai. Tanahnya lembek karena menjadi lokasi pembuangan kotoran sapi,” tuturnya kemarin.

Pihaknya pun menyarankan agar untuk sementara, lokasi yang tanahnya retak tersebut ditutup terpal hingga musim kemarau mendatang. Sehingga, tanah di lokasi tersebut tidak rentan retak hingga beberapa bulan ke depan.

”Sementara diminta nutup pakai terpal. Agar kalau datang hujan tidak longsor,” tambahnya.

Adapun untuk penanganan lebih lanjut, pihaknya menyarankan kepada pemdes setempat untuk mengusulkan kepada Bupati agar nantinya bisa ditangani dinas teknis terkait. Sehingga ke depan, kejadian serupa tidak terulang lagi dan warga tidak was-was saat hujan deras.

Sementara itu, mengenai longsoran yang terjadi di Desa Manggar, Sluke pada Selasa (9/2) lalu, BPBD Rembang telah melakukan perbaikan tebing dengan dibantu unsur terkait. Kebetulan, dampak longsoran dengan panjang 20 meter, tinggi 3 meter dan lebar satu meter tersebut tidak terlalu parah.

”Kerusakan hanya dinding rumah (papan) roboh tertimpa longsoran. Tebing rumah bagian samping rumah yang longsor. Kerugiannya sekitar Rp 30 juta,” kata dia. 

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP