alexametrics
Minggu, 07 Mar 2021
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

KPU Yakin Gugatan Pilkada Rembang Berakhir Dismissal

15 Februari 2021, 15: 47: 50 WIB | editor : Ali Mustofa

KPU Yakin Gugatan Pilkada Rembang Berakhir Dismissal

REMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang yakin sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Rembang bakal berakhir dismissal alias tak berlanjut sidang pembutian. Perwakilan KPU pun sudah berangkat ke Jakarta untuk menghadapi Putusan dalam musyawarah hakim di Mahkamah Konstitusi (MK) yang digelar besok.

Sesuai dengan jadwal di MK, sidang dengan agenda musyawarah hakim digelar antara tanggal 15-16 Februari. Untuk Rembang, akan dilaksanakan pada Selasa, 16 Februari. Komisioner KPU Rembang Musoffa sudah berangkat menuju Jakarta kemarin. Ia didampingi oleh komisioner lainnya Zainal Arifin.

“Tanggal 16, hari Selasa pukul 16.00. Ini lagi berangkat ke Jakarta,” katanya saat dihubungi Jawa Pos Radar Kudus kemarin.

Sidang musyawarah hakim besok digelar untuk memutuskan perkara yang diputus pada putusan dismissal, dan mana saja yang akan dilanjutkan pada sidang pembuktian. Sebagaimana sidang-sidang sebelumnya, nantinya juga akan disiarkan melalui virtual. “Disiarkan juga,” imbuhnya.

MK akan memutus berdasarkan alat bukti pihak termohon (KPU), pemohon (Paslon 01), pihak terkait (Paslon 02), dan pemberi keterangan (Bawaslu). KPU Rembang cukup percaya diri bahwa perkara ini akan masuk putusan dismissal. Dan tidak berlanjut pada sidang pembuktian.

Putusan besok tentunya akan berpengaruh pada penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Apabila perkara ini masuk pada sidang pembuktian, nantinya pihak pemohon, termohon, pihak terkait dan pemberi keterangan juga akan diundang lagi untuk membuktikan dalil yang dimohonkan oleh pemohon (Paslon 01). Serta membuktikan jawaban yang diberikan oleh termohon.

Apabila ada putusan dismissal bahwa dalil pemohon ditolak, maka dari MK akan memberikan salinan putusan kepada KPU RI tiga hari setelah putusan tersebut. Selanjutnya, akan diteruskan kepada KPU Rembang. Lima hari setelah diterima KPU Rembang akan mengagendakan penetapan Paslon terpilih. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP