alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik
Calon Perempuan di Pilkada 2024 Jepara

Maju Nylon, Anisah Bisa Bikin Warna Baru di Kota Ukir  

14 Februari 2021, 10: 14: 53 WIB | editor : Ali Mustofa

AKTIF: Politisi sekaligus aktivis sosial Hindun Anisah jadi sosok perempuan yang berpotensi maju di Pilkada Jepara

AKTIF: Politisi sekaligus aktivis sosial Hindun Anisah jadi sosok perempuan yang berpotensi maju di Pilkada Jepara (DOK. PRIBADI)

Share this      

JEPARA – Nama Wakil Sekjen DPP PKB Hindun Anisah dikabarkan bakal maju pada Pilkada di Jepara 2024 mendatang. Munculnya sosok perempuan ini, bakal membuat warna tersendiri di Pilkada Kota Ukir. Sebab, di sepanjang sejarah nyaris tak pernah ada sosok perempuan yang berani maju mencalonkan diri sebagai bupati atau pun wakil bupati.

Potensi pencalonan Hindun ini cukup terbuka lebar. Terlebih Hindun pernah merasakan tensi persaingan perebutan kursi sebagai calon legislatif di kursi DPR RI.

 "Saat ini belum ada arah ke sana. Tapi karena sudah terjun di politik ya tinggal nanti bagaimana instruksi partai," ungkap Hindun Anisah saat dikonfirmasi tentang sikapnya soal maju menjadi bakal calon kepala daerah.

Nama Hindun Anisah sendiri disebut oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB Jepara KH. Nuruddin Amin. Wakil Ketua DPRD Jepara itu mengatakan partainya siap mengusung kadernya untuk maju di Pilkada Jepara.

Meski waktu pelaksanaannya masih belum pasti. Antara tahun depan atau 2024. Jika mengikuti regulasi yang ada saat ini, 2024. "Kapan pun kami siap. Tak terkecuali mengusung kader sendiri. Salah satunya Bunda Hindun," katanya.

Menurut Hindun Anisah sendiri untuk maju di kontestasi kepala daerah butuh proses panjang. Apalagi dirinya yang lahir dari latar belakangan keluarga besar Nahdlatul Ulama. Menurutnya, butuh istikhiroh, izin suami, restu kiai, dan instruksi partai. “Arahan dan bimbingan dari para kiai sepuh jadi pertimbangan khusus maju tidaknya pada pilkada,” ungkapnya.

Tak dipungkirinya ketika sudah terjun di politik, harus siap menerima segala konsekuensinya. Sosok yang juga bertugas sebagai staf ahli Menteri Ketenagakerjaan itu akan mengikuti arus dan dinamika politik yang ada. Ia hanya fokus pada tugas yang saat ini dijalani.

Lebih lanjut Bunda Hindun -sapaan akrabnya- menjadikan tiga tokoh perempuan Jepara sebagain inspirasi. Mulai Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, dan RA. Kartini. Ketiganya di mata Bunda Hindun adalah tokoh politik. Dengan latar belakang dan peran masing-masing. 

Ratu Shima dengan ketokohannya yang dikenal adil sudah pasti tokoh politik karena statusnya sebagai Ratu. Begitu pula Ratu Kalinyamat. Yang sudah menjalin hubungan diplomatik dan mengembangkan pelabuhan serta armada perang Jepara. "RA. Kartini sebagai pahlawan emansipasi juga memperlihatkan langkah-langkah politiknya dalam memperjuangkan hak perempuan," tandasnya. 

(ks/war/ali/top/JPR)

 TOP