alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Kepuasan Program JKN-KIS Naik Ditandai Kesadaran Warga Membayar Iuran

10 Februari 2021, 22: 28: 24 WIB | editor : Ali Mustofa

SIARAN VIRTUAL: BPJS Kesehatan mengikuti penjelasan dari direksi pusat secara virtual kemarin.

SIARAN VIRTUAL: BPJS Kesehatan mengikuti penjelasan dari direksi pusat secara virtual kemarin. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Kepuasan terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) naik. Hal itu ditandai dengan kenaikan membayar iuran.

Melalui siaran langsung yang diikuti BPJS Kesehatan Kudus Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, ada kenaikan kepuasan program JKN KIS. Itu ditandai dengan kesadaran masyarakat membayar iuran. Akibatnya, kondisi keuangan dana jaminan sosial (DJS) Kesehatan yang berangsur sehat. Ini ditunjukkan dengan kemampuan BPJS Kesehatan dalam membayar seluruh tagihan pelayanan kesehatan secara tepat waktu kepada seluruh fasilitas kesehatan. Termasuk juga penyelesaian pembayaran atas tagihan 2019.

”Program JKN-KIS diharapkan pada 2021 mulai dapat membentuk dana cadangan teknis untuk memenuhi persyaratan tingkat kesehatan keuangan DJS Kesehatan sesuai regulasi,” kata Fachmi.

Cashflow DJS Kesehatan yang cukup ini, tentu juga akan berimbas pada peningkatan kualitas layanan. BPJS Kesehatan dan pemangku kepentingan terus monitoring pemberian layanan kepada peserta.

Fasilitas kesehatan diharapkan konsisten memberi layanan yang berkualitas dan tidak melakukan tindakan menyimpang.

Kepala BPJS Kesehatan Kudus Maya Susanti mengatakan, intinya hasil dari virtual dengan Direksi BPJS Kesehatan mengapresiasi masyarakat khususnya peserta JKN-KIS yang rutin membayar iuran.

”Terima kasih juga kepada fasilitas kesehatan, kementerian, dan lembaga pemerintah daerah yang turut mengawal dan berkontribusi dalam program JKN-KIS,” ungkapnya.

Dia menambahkan, situasi masih pandemi tentunya terus ada pantauan. Memperhatikan tingkat kesehatan masyarakat serta melihat kondisi ekonomi. Peserta JKN-KIS juga diharapkan secara aktif memberikan feedback (umpan balik) atas layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan (Faskes) dalam rangka perbaikan dan komitmen layanan yang diberikan. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP