alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

Jika Dismissal, Bupati Rembang Terpilih Ditetapkan Pekan Depan

10 Februari 2021, 08: 30: 39 WIB | editor : Ali Mustofa

DITATA: Beberapa kotak suara ditumpuk di lobi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang beberapa waktu lalu

DITATA: Beberapa kotak suara ditumpuk di lobi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang beberapa waktu lalu (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Jadwal sidang lanjutan Perkara Hasil Pemilihan (PHP) Rembang masih belum ditetapkan. Diperkirakan akan dilaksanakan pekan depan. Terkait penetapan calon terpilih diperkirakan masih menunggu delapan hari apabila ada putusan dismissal atau dalil termohon ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang Musoffa menyampaikan sampai kemarin pihaknya masih belum menerima jadwal sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Rembang.

Diperkirakan pada tanggal 15- 16 Februari nanti. Akan ada sidang musyawarah hakim untuk memutuskan perkara yang diputus pada putusan dismissal. Dan mana saja yang akan dilanjutkan pada sidang pembuktian.”Ya masih menunggu,” katanya.

Mahkamah Konstitusi (MK), kata Musoffa , akan memutus berdasarkan alat bukti pihak termohon (KPU), pemohon (paslon 01), pihak terkait (paslon 02), dan pemberi keterangan (Bawaslu).

“Apakah cukup bukti ini atau harus ditindaklanjuti ke sidang pembuktian,” jelasnya.

Saat ini, pihaknya sudah melengkapi alat bukti dan masih proses menunggu. “KPU Rembang percaya diri masuk putusan dismissal. Kami percaya tidak masuk ke sidang pembuktian,” katanya.

Sidang sebelumnya digelar 2 Februari lalu dengan agenda penyampaian jawaban termohon, pinak terkait, dan keterangan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rembang. KPU sendiri mengaku sudah percaya diri dengan 21 alat bukti.

Apabila perkara ini masuk pada sidang pembuktian, pihaknya mengaku sudah menyampaikan alat bukti. Antara pemohon, termohon, pihak terkait dan pemberi keterangan juga akan diundang lagi. Untuk membuktikan dalil yang dimohonkan oleh pemohon (paslon 01). Serta membuktikan jawaban yang diberikan oleh termohon.

Apabila ada putusan dismissal bahwa dalil pemohon ditolak, maka dari MK akan memberikan salinan putusan kepada KPU RI tiga hari setelah putusan dismissal, selanjutnya akan diteruskan ke KPU Rembang. “Lima hari setelah kami terima kemudian kami lakukan penetapan calon,” ujarnya. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP