alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Baca Berita untuk Bekal Ngajar

06 Februari 2021, 13: 02: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

Yuni Puspita Sari

Yuni Puspita Sari (DOK. PRIBADI)

Share this      

MENJADI guru mata pelajaran bahasa Indonesia sekaligus mengisi ekstrakurikuler jurnalistik memaksa Yuni Puspita Sari untuk lebih mendalami dunia kewartawanan. Selain banyak membaca berita di media konvensional dan daring, Yuni juga membaca buku-buku jurnalistik.

”Kebetulan dari dulu memang sudah hobi membaca buku. Kuliah di jurusan bahasa dan sastra Indonesia juga menambah modal pengetahuan tentang dunia kewartawanan saya,” kata alumnus Unnes itu.

Beberapa pengajaran yang dia terapkan sebagai pengampu ekstrakurikuler jurnalistik antara lain, bagaimana wawancara yang baik, penulisan yang sesuai kaidah kebahasaan, dan selalu peka dengan kondisi sekitar. Sebab, memang hal itulah yang dibutuhkan saat menjadi wartawan profesional.

”Siapa tahu nantinya memang ada yang benar-benar ingin menjadi wartawan sudah punya modal,” terang Yuni yang juga punya hobi memasak itu.

Yuni mengaku, menjadi guru di SMP Islam Takhassus Qolsaba Jati Wetan, Kudus, yang terintegrasi pondok pesantren juga menjadi pengalaman yang baginya mengesankan. Sebab, lebih terasa suasana aman, nyaman, dan terlindungi.

”Dibimbing oleh pengasuh pondok, membuat batin saya terasa lebih tenang dalam hal apapun,” imbuh gadis kelahiran Kudus, 26 Juni 1994 itu. 

(ks/ful/lin/top/JPR)

 TOP