alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Usai Dilantik, Empat Wakil Rektor UMK Langsung Tancap Gas

05 Februari 2021, 17: 07: 54 WIB | editor : Ali Mustofa

DIAMBIL SUMPAH: Rektor UMK Prof. Darsono melantik empat wakil rektor periode 2021-2025 di gedung auditorium kemarin.

DIAMBIL SUMPAH: Rektor UMK Prof. Darsono melantik empat wakil rektor periode 2021-2025 di gedung auditorium kemarin. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) Prof. Darsono melantik empat wakil rektor periode 2021-2025. Serah terima dan pengambilan sumpah digelar kemarin (4/2) di gedung auditorium UMK.

Empat wakil rektor (Warek) baru tersebut yakni Sulistyowati sebagai Warek 1 membawahi bidang akademik yang sebelumnya dijabat H. Murtono. Warek 2 Solekhan sebagai bidang administrasi umum, kepegawaian, dan aset yang sebelumnya dijabat oleh H.M. Zainuri.

Warek 3 dijabat H. Joko Utomo sebagai bidang kemahasiswaan dan alumni yang sebelumnya dijabat Rohmad Winarso dan Warek 4 Achmad Hilal Majdi membawahi bidang kerjasama dan pengembangan yang sebelumnya dijabat Subarkah.

Rektor UMK Darsono mengatakan, pelantikan ini menandai fase baru bagi UMK dalam mewujudkan universitas dengan arah dari berbagai indikator. Yakni, mapan dalam kelembagaan, kuat dan sehat dalam penganggaran, serta tangguh dalam persaingan lokal, nasional hingga internasional.

”Untuk mewujudkan itu harus dengan upaya keras dan kerja sama dari pimpinan dan Warek yang baru dilantik ini. Utamanya setelah baru dilantik ini bisa menjadi triger, inovator, dinamisator, dan katalisator,” ungkapnya.

Dia juga berpesan Warek 1 diharapkan bisa segera mereview dan menyusun kurikulum ”kampus merdeka” dengan menggali ke unggulan yang dimiliki UMK.

”Penyiapan dosen unggul di era industri. Mulai dari produktivitas, partisipasi riset, pengabdian hingga publikasi. Kemudian penyelarasan regulasi akademi yang kondusif untuk terwujudnya program unggul,” paparnya.

Lebih lanjut, Warek 2 juga diminta segera menganalisis pengembangan sumber daya manusia (SDM). Mulai dari fasilitasi promosi jabatan fungsional, kinerja tridarma, kinerja prima dalam pelayanan adminstratif dan manajerial.

Selain itu, sinkronisasi regulasi universitas, standardisasi fasilitas kuliah, laboratorium, fasilitas umum serta kualitas pelayanan publik di UMK dalam spirit resources sharing. Kemudian untuk Warek 3 segera merencanakan strategi intensif dan ekspansif dalam rekrutmen calon mahasiswa hingga pemetaan tanlenta mahasiswa baru.

”Tujuannya, memudahkan arah kurikulum UMK diterapkan dengan efektif dan menghasilkan output sarjana yang unggul dan berprestasi,” terangnya.

Selain itu, Warek 4 juga diminta segera menyusun starategi branding. Mulai dari pemantapan potensi internal menyangkut akreditasi, rekognisi nasional dan internasional, kesehatan lembaga dan manajemen hingga standing point advantage UMK dalam tata kompetisi wilayah nasional ataupun internasional.

”Beberapa catatan awal dan tugas untuk Warek UMK selanjutnya kami harapkan bisa mewujudkan UMK yang semakin maju. Kami berharap semua stakeholder bisa berkomitmen, bersinergi dan bersemangat menjadikan UMK semakin maju,” terangnya. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP