alexametrics
Minggu, 07 Mar 2021
radarkudus
Home > Blora
icon featured
Blora

Dinkes Blora Gencarkan PSN Untuk Atasi Demam Berdarah

22 Januari 2021, 17: 14: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

Sutik, Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Blora

Sutik, Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Blora (SUTIK FOR RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora mulai menggalakkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Hal itu untuk mengantisipasi kasus demam berdarah dengue (DBD) saat musim hujan sekarang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora Heny Indriyani, melalui Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Sutik mengungkapkan, awal tahun ini sudah ada lima kasus DBD.

”Hujan terus turun. Antisipasi adanya genangan. Sehingga terhindar dari perkembangan nyamuk Aedes Aegypti,” jelasnya.

Menurutnya lima kasus DBD ini semuanya menyerang anak-anak. Mereka ditemukan di Kecamatan Ngawen, Blora, dan Todanan. ”Yang dewasa belum ada. Alhamdulillah kondisinya baik semua,” ungkapnya.

Sutik menambahkan, meskipun tahun ini anggaran untuk pencegahan DBD hampir separuh lebih dialihkan untuk penanganan Covid-19, pihaknya terus menekankan DBD. Dengan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M.

Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk waspada DBD. Selain itu tetap patuh terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. ”PSN memnag sangat efektif untuk mencegah penyebaran DBD. Dengan PSN, akan menyentuh atau memusnahkan hingga ke telur maupun jentik-jentik nyamuk yang bisa menularkan DBD,” jelasnya. 

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP