alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

Dianggap Bertentangan dengan PMK, KPU Rembang Tolak Permintaan Saksi

21 Januari 2021, 14: 56: 40 WIB | editor : Ali Mustofa

HATI-HATI: Petugas KPU Rembang membuka kotak suara kemarin.

HATI-HATI: Petugas KPU Rembang membuka kotak suara kemarin. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – Kotak suara di empat kecamatan dibuka kemarin. Setelah dibuka, sempat ada permintaan dari saksi paslon 1 saat fotocopy dokumen harus ditandatangani oleh saksi, bawaslu, dan Polres. Tetapi KPU tak menyepakati permintaan tersebut.

”Tanpa mengurangi rasa hormat kami, itu (permintaan tanda tangan saksi, Red) saya tolak. Kalau kami kabulkan jelas itu tidak sah. Sesuai dengan PMK (Peraturan Mahkamah Konstitusi) alat bukti KPU yang asli cukup diberi materai, dilegislasi, kemudian digandakan,” kata Komisioner KPU Rembang Musoffa.

Terkait dengan hadirnya perwakilan saksi dari paslon, Musoffa menjelaskan, sebelumnya dari saksi Paslon 01 meminta untuk menyaksikan tahapan ini. Menanggapi hal ini pihaknya tidak mempermasalahkan.

Namun, lanjut dia, jika merujuk pada surat dinas KPU RI cukup mengundang Bawaslu dan Polres untuk menyaksikan proses pembukaan kotak. ”Tapi kebesaran hati kami untuk menjaga transparasi kami undang saksi,” imbuhnya.

Pembukaan kotak suara itu untuk memperkuat alat bukti KPU Rembang dalam persiapan menghadapi persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan di Mahkamah Konstitusi.

Proses pembukaan dilaksanakan di lantai tiga kantor KPU Rembang. Selain jajaran komisioner dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Polres Rembang juga dihadiri saksi dari masing-dua pasangan calon (paslon) (01 Harno Bayu dan Paslon 02 Hafidz-Hanis). Tumpukan kotak-kotak itu ditata di sudut ruangan. Di belakang kursi yang diduduki Ketua KPU Rembang M Ika Iqbal Fahmi.

Sementara, hadirin yang lain duduk di kursi yang membentuk leter U. Sehingga membentuk ruang di bagian tengah.

Di tengah itu lah dilakukan proses pembukaan kotak suara. Tim KPU terlihat mondar-mandir menunjukkan berkas-berkas yang diambil dari dalam kotak. Untuk ditunjukkan kepada hadirin.

Total yang dibuka ada 44 Kotak suara. Prinsipnya, kata Komisioner KPU Rembang Musoffa pembukaan ini sesuai dengan apa yang didalilkan oleh pemohon, dalam hal ini adalah paslon 01. Kotak-kotak yang dibuka meliputi Kecamatan Sedang, Sarang, Sale, dan Pamotan. Pihakya sudah menerima salinan apa yang dimohonkan.

”Sama dengan yang sebelumnya sudah kami unduh,” jelasnya. 

(ks/vah/zen/top/JPR)

 TOP