alexametrics
Minggu, 07 Mar 2021
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

Kotak Suara Rembang Dibuka Hari Ini Sebagai Alat Bukti di Sidang MK

19 Januari 2021, 11: 31: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

DITATA: Beberapa kotak suara ditumpuk di lobi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang kemarin.

DITATA: Beberapa kotak suara ditumpuk di lobi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang kemarin. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang akan membuka sejumlah kotak hari ini. Pihak termohon atas Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Rembang itu akan memperkuat alat bukti untuk persiapan sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kemarin, salinan Akta Registrasi Perkara Konstitusi (ARPK) sudah diterima. Permohonan perselisihan hasil pemilihan yang diajukan pasangan calon (Paslon) 01 Harno-Bayu Andriyanto sudah tercatat di Buku Register Perkara Konstitusi Elektronik (e-BRPK), yaitu Nomor 20/PHP.BUP-XIX/2021. Selanjutnya, perkara tersebut akan ditetapkan hari sidangnya.

”Ada sekitar 450 bukti yang akan kami bawa. Sidang perkiraan 26-29 Januari,” jelas kuasa hukum Paslon Harno-Bayu, Nimerodin Gule kemarin.

Komisioner KPU Rembang Musoffa sudah mempersiapkan alat-alat bukti. Namun, masih ada yang tersimpan di dalam kotak. Rencana, hari ini pihak ya akan membuka. ”Adapun alat bukti yang kami butuhkan namun masih tersimpan di dalam kotak, maka akan kami lakukan pembukaan kotak 19 Januari (hari ini, Red)," jelasnya.

Hingga kemarin sore, terkait proses pembukaan ini pihaknya masih menunggu surat resmi dari KPU RI.

Terkait dengan persiapan sidang, beberapa waktu lalu KPU Rembang sempat mempertimbangkan akan bersidang tanpa pendampingan lawyer. Namun kemarin, Musoffa mengatakan, KPU sudah menunjuk timbkuasa hukum dari Hicon Law & Policy Strategis. Kantornya bermarkas di Jogjakarta .

”Penunjukan HICON sebagai lawyer adalah bahwa kami sangat serius menghadapi gugatan paslon nomor 01 di MK,” imbuhnya.

Dalam perkara Pemilu legislatif dan Pilpres 2019 lalu, lanjut Musoffa, pengacara pilihan itu menjadi salah satu dari enam lawyer yang digunakan oleh KPU RI. ”Pada tanggal 16 Januari kemarin kami sudah koordinasi dengan tim lawyer dalam menyusun jawaban KPU Rembang sebagai pihak termohon. Semua sudah fix,” tuturnya.

Semua dalil yang dimohonkan pemohon sudah dibedah bersama tim lawyer satu per satu. ”Sangat detail dan sangat rinci. Alat bukti kami juga sangat valid dan sangat detail,” tegasnya. 

(ks/vah/zen/top/JPR)

 TOP