alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Pemkab Jepara Tak Kucurkan Bansos Tunai Warga Terdampak Covid-19

14 Januari 2021, 16: 46: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

TUNAI: Salah satu warga menerima bantuan dari Kemensos RI di kantor Pos Jepara. Sedangkan bantuan yang bersumber dari APBD Jepara belum jelas.

TUNAI: Salah satu warga menerima bantuan dari Kemensos RI di kantor Pos Jepara. Sedangkan bantuan yang bersumber dari APBD Jepara belum jelas. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA Bantuan sosial tunai (BST) untuk keluarga penerima manfaat akibat dampak Covid-19 tak dianggarkan Pemkab Jepara. Hal itu lantaran belum ada petunjuk khusus terkait penggunaan APBD untuk bansos.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menjelaskan, bansos APBD terakhir sampai dengan Desember 2020. Sedangkan kelanjutan bantuan itu di tahun ini belum jelas. Sehingga pihaknya tidak menganggarkan secara khusus terkait bantuan itu. ”Petunjuknya belum ada. Dasarnya kan regulasi,” kata Andi.

Namun pihaknya sudah menyediakan anggaran belanja tak terduga jika tahun ini digulirkan bantuan. Selain bansos bersumber dari anggaran kabupaten, bantuan dari provinsi juga masih belum temui titik terang.

Untuk sementara yang sudah pasti berlanjut adalah bantuan yang bersumber dari pusat dan dana desa. Terdapat 9.960 keluarga penerima manfaat yang menerima bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial RI.

Untuk tahun ini penyaluran tahap 10 sampai 13. Dimulai dari Januari sampai April. Besaran bantuan yang diterima Rp 300 ribu tiap bulan.

Penyaluran melalui kantor pos yang ada di kecamatan, desa, dan balai kantor kecamatan. Sedangkan untuk KPM lansia dan difabel penyalurannya secara langsung ke rumah KPM.

(ks/war/lid/top/JPR)

 TOP