alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Bea Cukai Kudus Berhasil Sita 164 Ribu Batang Rokok Ilegal di Jepara

14 Januari 2021, 11: 24: 21 WIB | editor : Ali Mustofa

DIBERANGUS: Tim Bea Cukai Kudus mengamankan rokok ilegal sebanyak 164 ribu batang di Jepara Senin (11/1).

DIBERANGUS: Tim Bea Cukai Kudus mengamankan rokok ilegal sebanyak 164 ribu batang di Jepara Senin (11/1). (BEA CUKAI FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Bea Cukai Kudus menggagalkan peredaran rokok ilegal di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Tim berhasil meringkus kendaraan yang memuat 164 ribu batang rokok ilegal.
Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo menyatakan, penangkapan tersebut atas informasi yang diperoleh dari tim dari masyarakat. Menindaklanjuti informasi itu tim melaksanakan patroli pada Senin (11/1) lalu.
”Tim akhirnya menyisir di jalur alternatif yang diduga digunakan untuk pengiriman rokok ilegal itu,” katanya.
Gatot menambahkan rokok ilegal tersebut dimuat mobil mini bus berwarna hitam. Mobil pengangkut rokok ilegal itu akhirnya dibuntuti tim bea cukai. Kendaraan tersebut berjalan dari Kecamatan Mayong menuju Welahan.
Kejar-kejaran dengan petugas berlanjut. Untuk menghindari kejaran petugas, pelaku membawa mobilnya masuk ke perkampungan warga.
”Setelah lama berputar, mobil itu tiba-tiba berhenti. Seketika supir melarikan diri menuju perkebunan milik warga," tambahnya.
Dari lapangan tim berhasil menemukan barang bukti yang dimuat oleh mobil mini bus. Rokok yang ditemukan berjenis Sigaret Kretek Mesin (SKM). Rokok tersebut diduga dilekati dengan cukai pita rokok palsu.
Barang bukti yang berhasil diamankan jumlahnya sebanyak 164 ribu batang rokok. Jenis rokok tersebut harga jual eceran (HJE) adalah Rp 6.700 dengan isi 12 batang.
Atas temuan itu, total perkiraan barang sebesar Rp 167, 280 juta. Dengan ini potensi kerugian yang dialami oleh negara sebanyak Rp 109,932 juta.

(ks/gal/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya