alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Pelaksanaan Vaksinasi di Enam Kabupaten Mulai Bulan Depan

14 Januari 2021, 11: 07: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

DI TEMPAT KHUSUS: Petugas menunjukkan tempat penyimpanan di Dinkes Grobogan kemarin.

DI TEMPAT KHUSUS: Petugas menunjukkan tempat penyimpanan di Dinkes Grobogan kemarin. (INTAN MAYLANI SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

 KUDUS – Vaksinasi di enam kabupaten yaitu Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan, rencananya dilaksanakan bulan depan atau Februari. Info yang diterima koran ini bulan ini diutamakan tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta.

Penerima vaksin akan mengikuti screening dari petugas. Di mana akan ada 15 pertanyaan yang  nantinya sebagai pemasti mereka layak tidaknya mendapatkan vaksinasi.

Kebutuhan vaksinasi di rata-rata daerah di enam kabupaten itu sekitar 500 -700 ribuan (lihat grafis).

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kabupaten Kudus telah siap menerima dan menjalankan vaksinasi Covid-19. Hingga saat ini DKK belum tahu pasti kapan vaksin tiba di Kabupaten Kudus. Namun persiapan mulai dari logistik hingga sumber daya manusia (SDM) pelaksana diakui telah siap.

”Rencana Kudus terjadwalkan Februari. Tahap awal untuk nakes," Plt Kepala DKK Kabupaten Kudus dokter Andini Aridewi saat dikonfirmasi kemarin.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan alokasi vaksin nakes dilakukan secara bertahap. ”Yang terpenting memang untuk nakes terlebih dahulu,” imbuhnya.

Untuk memotivasi masyarakat, dirinya mengaku siap menjadi orang pertama di Kabupaten Kudus yang disuntik vaksin Covid-19. 

Bupati Jepara Dian Kristiandi sempat menyatakan hal sama. ”Kalau perlu, saya siap divaksin duluan,” Ujar Dian.

Kepala DKK Jepara Mudrikatun melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada DKK Jepara M Fakhrudin memperkirakan vaksinasi dilaksanakan Februari.

Hingga Rabu (13/1) Fakhrudin belum memeroleh informasi secara pasti kapan vaksin Covid-19 akan mulai didistribusikan ke Jepara. Dari hal itu, pihaknya belum bisa menentukan kapan vaksinasi akan dilaksanakan di Jepara.

Terkait kesiapan pelaksanaan vaksinasi di Jepara, DKK Jepara telah menyiapkan pelatihan kepada para tenaga kesehatan di Jepara untuk vaksinasi. Mulai pelatihannya teknis persiapan vaksinasi, prosesi pelaksanaan vaksinasi, dan tatacara penyampaian kepada pasien saat proses vaksinasi.

Kepala Dinkes Grobogan Slamet Widodo mengatakan Covid-19 belum sampai di Pemkab Grobogan. Masih di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Grobogan masuk termin kedua yaitu Februari.

Pencanangan vaksinasi provinsi dilaksanakan di RS Tugurejo Semarang.

Penyimapanan vaksin dibedakan dengan vaksin rutin. Ruangan penyimpanan ini berada di ujung barat lantai satu Dinkes Grobogan. Di sana ada tiga lemar es TCW 3000. ”Setiap satu lemari es mampu menampung sekitar seribu vakin,” paparnya.

Di Kabupaten Blora ada 34 Faskes disiapkan vaksinasi. Yaitu 26 puskesmas, RSUD dr Soetijono Blora, RSUD Soeprapto Cepu, Rumkitban Blora, RS Permata Blora, RS PKU Muhammadiyah Cepu dan Blora, Klinik Polres Blora, dan Klinik Tali Asih Jepon.

Kepala Bidang Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan pada Dinkes Blora Lucius Kristiawan mengungkapkan pihaknya juga telah menentukan jumlah tenaga kesehatan yang akan divaksin. Jumlahnya 3.824 orang.

Pihaknya juga telah memastikan ketersediaan cold chain. Yakni piranti untuk menjaga rantai dingin vaksin yang telah tersedia di rumah sakit dan puskesmas.

Kepala Dinkominfo Blora Sugiyono mengungkapkan akan menggencarkan sosialisasi agar tak ada penolakan dari masyarakat. Yakni bahwa vaksinasi aman untuk kesehatan.

”Berkembang isu pro kontra terkait vaksin. Tugas kami pemerintah untuk memberikan penjelasan, sosialisasi, dan pencerahan sebenarnya terkait vaksin. Dengan demikian penerima vaksin ini tidak ragu-ragu, bahkan menolak,” ujarnya kemarin.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati Wisnu Wijayanto mengatakan, jika vaksin sudah sampai di Pati. Pemerintah Kabupaten Pati menunggu jadwal pemberian vaksinasi. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati Haryanto mengungkapkan tidak ada masalah terkait vaksin. Semua sudah dia siapkan. (rom/adr)

(ks/daf/int/ful/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya