alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Blora
icon featured
Blora

Longsor Rusak Rumah di Bantaran Kali Temboro Blora

13 Januari 2021, 16: 53: 21 WIB | editor : Ali Mustofa

AMBROL: Rumah warga di Desa Sumber Agung, Kecamatan Banjarejo longsor akibat gerusan Sungai Temboro.

AMBROL: Rumah warga di Desa Sumber Agung, Kecamatan Banjarejo longsor akibat gerusan Sungai Temboro. (BPBD FOR RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – Musibah longsor kembali terjadi. Kali ini menimpa rumah Heru Susilo dan Siti Kholifah di Desa Sumber Agung, Kecamatan Banjarejo. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Sejumlah rumah warga di sekitarnya juga terancam longsor.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Blora Hadi Praseno mengatakan, musibah ini terjadi sekitar pukul 02.30 pada Selasa (12/1). Penyebabnya karena hujan lebat yang turun cukup lama. Sehingga debit air Sungai Temboro di desa setempat naik. ”Karena air naik, sehingga tanah sekitar rumah itu ambles dan longsor,” terangnya.

Dia menambahkan, panjang longsoran sekitar 40 meter dengan lebar 15 meter. Kedalamannya mencapai empat meter. Akibatnya beberapa rumah warga mengalami kerusakan. Selain itu mengancam pemukiman dan jalan kabupaten ruas Blora-Banjarejo.

”Untuk rumah Heru Susilo mengalami rusak sedang. Di pekarangan belakang dan pondasi rumah ambrol. Selain itu, rumah bagian belakang yang difungsikan sebagai dapur juga ambrol,” jelasnya.

Sementara rumah yang mengalami rusak ringan milik Siti Kholifah. Bagian belakang sudah mulai retak dan bergeser. Bahkan jarak dengan longsoran sekitar setengah meter. ”Desa juga sudah berupaya untuk penanganan darurat. Dengan membuat trucuk atau ijuk bambu untuk menahan tanah,” tegasnya.

Heru Susilo mengaku was-was dengan longsornya tanah di sekitar rumahnya itu. Mulai dari teras rumahnya retak-retak, sebagian pondasi rumah nggandul di atas longsoran. Selain itu, halaman depan rumah bapak satu anak ini sebagian sudah amblas dan longsor.

”Ya waswas, wong longsoran sudah kena halaman samping dan belakang. Dapur serta emper juga mulai retak,” ungkapnya.

Sudarsono, kepala Desa Sumberagung, Kecamatan Banjarejo mengaku, pihak desa sudah turun untuk mengantisipasi longsor supaya tidak lebih parah. ”Desa sudah turun bantu urug longsoran dengan grosok. Warga juga sudah gotong royong ngganjel pondasi rumah agar tidak ambruk,” terangnya. 

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya