alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Blora
icon featured
Blora

Jalan Penghubung Antardesa di Blora Putus karena Longsor

Dinas Berkilah Bukan Tanggung Jawab Pemkab

13 Januari 2021, 16: 39: 14 WIB | editor : Ali Mustofa

AMBYAR: Jalan yang menghubungkan Desa Ngrambitan dan Beganjing, Kecamatan Japah putus karena longsor.

AMBYAR: Jalan yang menghubungkan Desa Ngrambitan dan Beganjing, Kecamatan Japah putus karena longsor. (KADES NGRAMBITAN FOR RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA – Jalan penghubung Desa Ngrambitan ke Desa Beganjing di Kecamatan Japah putus sepanjang 30 meter. Beberapa bulan lalu, longsoran yang menyebabkan putusnya jalan tersebut hanya beberapa meter. Karena tak segera diperbaiki, longsoran pun makin panjang.

Sukar, kepala Desa Ngrambitan menerangkan, pihaknya sudah melaporkan putusnya jalan tersebut sejak beberapa bulan lalu. Sudah dua kali melaporkannya kepada Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Blora.

”Kalau terkait kebencanaan, kami tidak punya anggaran. Tim teknisnya adanya di DPUPR, sedangkan kami tidak punya tim teknis,” paparnya kemarin.

Sukar menerangkan, jalan tersebut memang bukan satu-satunya akses antardesa. Sebelum separah sekarang, jalan tersebut masih bisa dilewati sepeda motor. Namun, karena semakin parah, kini hanya pejalan kaki yang bisa lewat jalan tersebut.

”Masih ada akses lain ke desa sebelah. Tapi kan tetap saja jalan itu penting,” tambah dia.

Longsoran jalan tersebut terletak di pinggir sungai. Tepat di sebelahnya terdapat sawah milik warga Desa Ngrambitan yang sudah ditanami padi. Untuk menuju Desa Beganjing, warga Ngrambitan pun harus memutar melawati jalan Desa Harjowinangun dan melalui jalan Desa Japah. ”Kasihan warga kalau mau ke sawah harus memutar,” tukasnya.

Terpisah, Kepala DPUPR Blora Samgautama Karnajaya menyatakan, akses jalan tersebut bukan menjadi tanggung jawab Pemkab Blora. Karena itu, pihaknya pun tak bisa berbuat banyak. ”Itu bukan aset kami,” kata dia singkat. 

(ks/ful/lid/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya