alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

Mulai Pekan Ini Isolasi Terpusat di Grobogan Tak Terima Pasien

13 Januari 2021, 11: 45: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

OLAHRAGA: Masyarakat yang melakukan isolasi terpusat di Hotel Kencana Purwodadi melakukan senam rutin setiap pagi kemarin.

OLAHRAGA: Masyarakat yang melakukan isolasi terpusat di Hotel Kencana Purwodadi melakukan senam rutin setiap pagi kemarin. (INTAN MAYLANI SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN – Sejak 14 Desember 2020 Pemkab Grobogan telah menyediakan satu lokasi isolasi terpusat di Hotel Kencana Purwodadi. Per 16 Januari, tim satgas tidak menerima pasien gejala ringan lagi di lokasi tersebut.

Kepala Dinkes Grobogan Slamet Widodo melalui Kabid Pelayanan Kesehatan dan Penunjang Djatmiko mengatakan, sesuai kontrak awal isolasi terpusat akan rampung per 21 Januari ini. Sehingga tim satgas tidak bisa menerima pasien baru.

”Waktu isolasi menurut Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) konfirm covid-19 tanpa gejala dilakukan isolasi 10-14 hari. Selanjutnya mereka dinyatakan sembuh. Jika kami menerima setelah 16 Januari, dikhawatirkan sisanya mereka akan melanjutkan isolasi di rumah masing-masing,” jelasnya.

Meski begitu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD yang juga Ketua Satgas Covid-19 Grobogan Endang Sulistyaningsih telah mengajukan perpanjangan kontrak ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pemberi bantuan isolasi terpusat senilai Rp 1,9 miliar tersebut.

”Ini masih diajukan untuk perpanjangan. Masih menunggu jawaban. Isolasi terpusat ini memang cukup efektif, selama hampir sebulan pelaksanaan sudah ada 200-an pasien gejala ringan yang masuk di sini. Setiap 10 hari bergantian untuk keluar dan masuk. Di sini menyediakan fasilitas 84 kamar dan 102 tempat tidur,” ujarnya.

Selain itu, isolasi terpusat mempermudah pantauan pasien covid-19. Sebab ada dokter, perawat hingga nakes dari puskesmas yang stand by di lokasi. Mereka melakukan cek up tanda-tanda vital per hari. Kemudian terapi medikasi sesuai dengan gejala ringan yang muncul atau rujukan jika terjadi perburukan.  

(ks/int/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya