alexametrics
Minggu, 17 Jan 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Satlantas Pati Catat Angka Kecelakaan Menurun sejak Pandemi

13 Januari 2021, 11: 22: 06 WIB | editor : Ali Mustofa

AKP Sarwoko, Kasatlantas Polres Pati

AKP Sarwoko, Kasatlantas Polres Pati (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Satlantas Polres Pati mencatat ada penurunan kecelakaan lalu lintas sejak pandemi kemarin (12/1). Yakni, penurunan sebanyak 300 kasus laka.

Kepala Satlantas (Kasatlantas) Polres Pati AKP Sarwoko mengungkapkan, ada penurunan yang signifikan untuk kasus laka kemarin (12/1). Pada tahun 2020 terjadi sekitar 1.200 kecelakaan. Sedangkan angka laka lantas pada tahun 2019 sekitar 1.500 kejadian.

”Terbanyak laka motor. Soalnya, pengguna kendaraan bermotor banyak. Apalagi sekarang membeli motor dimudahkan,” katanya.

Dia menduga, penurunan ini terjadi lantaran adanya pandemi corona virus disease (covid-19). Virus itu, membuat pemerintah melakukan pembatasan kegiatan masyarakat.

Salah satunya melarang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Yang pada tahun-tahun sebelumnya banyak terjadi kecelakaan. "Alhamdulillah sesuai dengan SE Bupati Kabupaten Pati. Tidak ada perayaan dan kejadian pada (libur) tahun baru. Masyarakat juga terlihat antusias. Buktinya tidak ada kerumunan di sejumlah tempat yang dianggap pusat kerumunan," imbuhnya.

Sementara itu, angka kecelakaan pada 2020 lalu yang didominasi pengendara sepeda motor. Dikarenakan masih seringnya masyarakat tidak mematuhi standar dalam berkendara. Baik memakai helm maupun kondisi kendaraan yang tidak standar.

"Kebanyakan didominasi pengendara sepeda motor. Banyak yang ndak pakai helm," tuturnya.

Untuk tempat kejadian kecelakan, kata Sarwoko, didominasi berada di jalan antar kecamatan atau jalan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati.

"Mereka merasa menempuh jarak yang dekat sehingga merasa tak perlu helm. Selain itu, juga merasa seenaknya sendiri," katanya.

Sarwoko mengimbau kepada masyarakat untuk mentaati peraturan tentang berkendara. Selalu memakai standar dalam berkendara. Sehingga dapat meminimalkan resiko kecelakaan. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP