alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Pemkab Pati Guyur Rp 9 Miliar untuk Bangun Alun-alun Baru

13 Januari 2021, 10: 49: 40 WIB | editor : Ali Mustofa

AKAN DIBANGUN: Lapangan Kalidoro yang rencananya diubanh menjadi alun-alun tahun ini.

AKAN DIBANGUN: Lapangan Kalidoro yang rencananya diubanh menjadi alun-alun tahun ini. (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati akan membangun alun-alun baru. Yakni, Alun-alun Kalidoro. Rencananya, tahun ini sudah pembangunan mulai dengan dianggarkan Rp 9,798 miliar dari APBD Pati.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pati Arief Wahyudi mengatakan, pembangunannya dimulai dan langsung selesai tahun ini.  ”Terkait rincian belum fix. Hanya sebatas anggaran itu. Semoga desainnya cepat selesai. Jadi, nanti rinciannya bisa disusun secepatnya,” katanya.

Terkait lelang, pihaknya sudah mempersiapkan desain. Proses lelang akan diselenggarakan Februari mendatang. Sebab, ada refocusing dana untuk pandemi. Jadi, pembuatan desain terhambat.

”Saat ini baru proses review desain. Namun, bulan ini harus sudah selesai. Semoga tidak ada kendala. Jadi, bisa segera masuk proses lelang,” imbuhnya.

Terpisah, Bupati Pati Haryanto mengatakan, alun-alun baru itu dibangun dengan membuat ruang terbuka hijau. Semula lokasinya berupa lapangan. Kemudian diubah menjadi alun-alun. ”Dengan adanya pembangunan ini, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Pati. Jadi, mereka bisa tumbuh di situasi pandemi ini. Sebab, mereka bisa jualan di alun-alun baru ini,” tambahnya.

Lapangan untuk Alun-alun Kalidoro ini, seluas sekitar 300 m2 dan terletak di sebelah timur Hutan Kota Kalidoro atau di jalan arah ADA Swalayan. Lokasinya dikelilingi berbagai pepohonan hijau. Saat ini, kondisi lapangannya tidak merata dan sebagian menjadi kubangan setelah hujan dengan tampak bekas ban motor.

Selain pepohonan, tampak delapan pedagang di dalam lapangan itu. Suhartini, salah satu pedagang sudah membuka warung sejak pukul 13.00. Dia menjajakan aneka makanan dan minuman. Kopi salah satunya.

”Rencananya bulan depan di sini akan dibangun alun-alun. Namanya Alun-alun Timur kalau nggak salah, Mas,” katanya.

Dia mengungkapkan, di lapangan calon alun-alun baru itu, sore sampai malam dipenuhi pedagang kaki lima (PKL). ”Ramainya menjelang maghrib. Namun, kalau terlalu malam biasanya ada obrakan (razia Satpol PP, Red),” imbuhnya. (adr)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya