alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

Pengajuan Perubahan Jalan Provinsi ke Nasional Tak Disetujui

12 Januari 2021, 11: 49: 58 WIB | editor : Ali Mustofa

Pengajuan Perubahan Jalan Provinsi ke Nasional Tak Disetujui

GROBOGAN – Perubahan status jalan provinsi yang melewati Kabupaten Blora, Grobogan, dan Demak untuk dijadikan sebagai jalan nasional belum setujui. Sebab, rencana perubahan jalan nasional menyambung dari Blora tersebut belum memenuhi kajian.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Grobogan Anang Armunanto mengatakan pengajuan jalan nasional sudah diajukan sejak 2018. Namun hingga saat ini pengajuan belum dipenuhi oleh pemerintah pusat.

”Kami sudah mengajukan sejak tahun 2018 ke pemerintah pusat. Bersama dengan Demak dan Blora. Tapi hasil kajian belum memenuhi,” kata Anang Armunanto.

Pengajuan status jalan nasional karena jalan provinsi yang melewati Kabupaten Demak, Grobogan, dan Blora menjadi jalan alternatif bagi kendaraan bermuatan besar. Jalan tersebut menjadi jalan untuk jurusan Jakarta sampai Surabaya. Sehingga menjadikan jalan di Kabupaten Grobogan cepat rusak karena dilewati dengan muatan melebihi kapasitas.

”Harapanya bisa jadi jalan nasional. Agar pembangunanya bisa merata dan bisa meningkatkan ekonomi warga,” ujarnya.

Hal sama juga diungkapkan Kepala Pekerjaan Umum Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Pemprov Jateng wilayah Purwodadi Joko Winangun. Dia mengatakan usulan menjadi jalan nasional dimulai dari Semarang sampai Blora. Namun, hingga kini belum ada kejelasannya.

”Konsep usulan dari Semarang sampai Purwodadi. Usulan ini dari Dinas kabupaten tetapi belum ada jawaban,” terang dia. 

(ks/mun/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya