alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Empat Wisata Jepara Mulai Simulasi Lagi, Mana Saja?

11 Januari 2021, 17: 07: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

KETAT: Petugas Pantai Bandengan mengukur suhu wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata Pantai Bandengan kemarin (10/1).

KETAT: Petugas Pantai Bandengan mengukur suhu wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata Pantai Bandengan kemarin (10/1). (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Pemkab Jepara kembali simulasi pembukaan di sejumlah objek wisata pada Minggu (10/1). Destinasi wisata di antaranya Pantai Kartini, Pantai Bandengan, Benteng Portugis, dan Museum RA Kartini. Dalam simulasi itu pengunjung diminta untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Kemarin, petugas di Pantai Bandengan, Pantai Kartini, dan Museum RA Kartini melakukan simulasi. Dari tiga destinasi wisata tersebut, hanya Museum RA Kartini yang sepi.

Berdasarkan penuturan Riza, petugas Museum RA Kartini, pengunjung hingga pukul 10.30 baru ada 3 orang. Sedangkan pengunjung di Pantai Kartini dan Pantai Bandengan sudah cukup ramai. Hingga pukul 10.00 sudah terparkir lima bus wisatawan. Untuk Pantai Bandengan saat pukul 09.30 sudah ada tiga bus.

Pengelola Pantai Bandengan Mat Khairum mengatakan, simulasi kali ini dilakukan pada hari Sabtu (9/1) dan Minggu (10/1). Dalam kegiatan simulasi ini melibatkan jajaran Polres, Polsek, Kodim, Koramil dan Satpol PP. Simulasi dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00.

Hal serupa juga menjadi perhatian di Pantai Kartini. Saat koran ini tengah memantau situasi di kawasan wisata tersebut, terdapat empat orang wisatawan yang tak mengenakan masker dihalau petugas loket. Lantas diminta putar balik.

Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Nur Zukhruf mengatakan simulasi ini diberlakukan hanya Sabtu (9/1) dan Minggu (10/1). Hasil dari kegiatan simulasi tersebut akan dievaluasi Disparbud Senin (11/1).

”Kami belum bisa memastikan akan dibuka lagi apa tidak pekan depan. Harus melihat hasil dari evaluasi dulu,” kata Zukhruf. Hasil evaluasi baru akan diketahui paling lama Jumat (15/1).

Selama proses simulasi, kata dia, melibatkan banyak pihak mulai dari Disparbud, Satgas Covid-19 Jepara, BPBD Jepara, dan jajaran TNI Polri.

Simulasi itu untuk memberikan angin segar bagi pedagang yang ada di kawasan destinasi wisata milik pemkab. "Coba lihat di Pantai Bandengan terdapat kurang lebih 150 pedagang. Kalau tutup terus juga kasihan. Makanya kami lakukan simulasi lagi untuk melihat seberapa kesiapan untuk membuka tempat wisata ini," ungkap Zukhruf. (rom)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya