alexametrics
Minggu, 17 Jan 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Lukisan Batik dan Tenun Hiasi Taman Fort Japara XVI

11 Januari 2021, 14: 36: 05 WIB | editor : Ali Mustofa

NYENI: Lukisan pada pilar di tengah taman Fort Japara XVI menambah nuansa sejarah dan potensi wisata.

NYENI: Lukisan pada pilar di tengah taman Fort Japara XVI menambah nuansa sejarah dan potensi wisata. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Taman Fort Japara XVI dihiasi lukisan sejarah dan potensi Jepara, seperti batik dan tenun troso. Lukisan itu menghiasi enam pilar di tengah taman.

Masing-masing pilar terdapat lukisan yang menggambarkan sejarah dan potensi Jepara. Pada sisi bagian luar terdapat lukisan ilustrasi masa kejayaan Ratu Kalinyamat, RA. Kartini, lokasi-lokasi wisata, orang yang sedang membatik, meng ukir, dan menenun. Sedangkan sisi dalam pilar terdapat lukisan motif batik Jepara dan tenun Troso.

Ujung pilar bagian dalam juga ditambah lampu hias. Sementara pada bagian taman, rumput-rumput liar sudah dibabat. Diganti dengan penataan berbagai jenis tanaman bunga. Ada pula kursi taman di sudut-sudut taman.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara Farikhah Elida melalui Kepala Seksi Pertamanan Nexson H.M. menjelaskan penataan taman itu usai pemasangan lampu hias pada bagian gardu pandang. Selain menambah kesan estetis juga bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk menikmati ruang terbuka hijau di Jepara. ”Tetapi kami titip kepada pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan taman,” imbuhnya.

Dia menambahkan dengan adanya ruang terbuka hijau mutlak diperlukan dalam suatu wilayah kota. Dengan luasan yang cukup serta penataan yang baik tentu taman-taman di Kabupaten Jepara telah menjawab kebutuhan tersebut. Taman yang tersebar di Kota Jepara bisa menjadi pilihan.

”Penataan taman-taman kota senantiasa diperhatikan dan dirawat dengan baik. Mulai taman yang bersifat aktif, taman pengisi, taman pengiring jalan, semua dirawat, dan dijaga keasriannya,” tuturnya.

(ks/war/mal/top/JPR)

 TOP