alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Blora
icon featured
Blora

DLH Blora Bersama Warga Tanam Ratusan Pohon di Pinggir Kali Grojogan

11 Januari 2021, 13: 07: 20 WIB | editor : Ali Mustofa

JAGA ALAM: Sembilan jenis pohon ditanam di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Grojogan, Jalan Sudarman Blora pada Minggu (10/1).   

JAGA ALAM: Sembilan jenis pohon ditanam di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Grojogan, Jalan Sudarman Blora pada Minggu (10/1).   (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA - Untuk mengurangi risiko bencana, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora bersama warga menanam 101 pohon Minggu (10/1) kemarin. Sembilan jenis pohon ditanam di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Grojogan, Jalan Sudarman Blora.

Sembilan jenis itu terdiri dari pohon pule, mangga gadung, beringin, bisbul, matoa, rambutan, durian, akasia, dan pete.

Kepala DLH Blora Dewi Tedjowati, melalui Kabid Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Beracun Berbahaya (KPSLB3) Didik Triarso mengatakan, ke depan DAS Kali Grojogan akan jadi lokus wisata sungai.

”Selain penambahan titik Ruang Terbuka Hijau (RTH), efeknya juga bisa untuk wisata dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” jelasnya.

Menurutnya, penanaman pohon ini sangat bermanfaat bagi alam dan manusia. Dapat mengurangi bencana. Sebagai jantungnya kota.

Eko Arifiyanto, koordinator penanaman pohon mengaku, dengan wabah Covid-19 ini, sebetulnya masyarakat kembali diingatkan betapa pentingnya gerakan pelestarian lingkungan hidup. Sebab, setiap perbuatan yang dilakukan manusia akan berdampak baik dan buruk bagi alam beserta isinya. Termasuk manusia sendiri.

”Pohon yang tumbuh bisa menyerap 60-80 persen air hujan. Sehingga selain meningkatkan pasokan air, akar pohon bisa mengikat air hujan agar tidak menjadi air permukaan yang mengakibatkan banjir,” terangnya. 

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya