alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarkudus
Home > Blora
icon featured
Blora

Selalu Penuh, RSUD Blora Tambah Kapasitas Ruang Isolasi

09 Januari 2021, 17: 02: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

Direktur RSUD dr Soetijono, Nugroho Adiwarso

Direktur RSUD dr Soetijono, Nugroho Adiwarso (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA - RSUD dr Soetijono Blora akan menambah setidaknya sepuluh ruang isolasi. Hal itu dilakukan menyusul 22 ruang isolasi yang tersedia tidak pernah kosong dari pasien sejak merebaknya pandemi Covid-19.

Direktur RSUD dr. Soetijono Blora Nugroho Adiwarso mengungkapkan, sejumlah pasien menumpuk di ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat) hingga beberapa waktu. Sebagai antisipasi agar tak berlarut-larut, pihaknya pun menyiapkan setidaknya sepuluh ruang isolasi.

"Pasien bisa menumpuk di IGD sampai enam, makanya kami tambah. Dulu 10 ruang pernah dipakai, tapi pindah," ujar Nugroho, kemarin.

Nugroho mengatakan, 10 ruang isolasi baru tersebut dalam waktu dekat bisa digunakan. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan segenap sarana dan prasarananya. Ruang isolasi baru tersebut, tambahnya, disesuaikan dengan standar ruang isolasi pada umumnya. Kemudian, untuk penunjang pelayanan perawatan pasien Covid-19, pihaknya juga telah menyiapkan empat ventilator.

"Ventilator pakai empat. Sampai sekarang sudah jalan," tambahnya.

Kasus positif di Blora dalam beberapa pekan terakhir memang naik drastis, sebagaimana daerah lain. Hingga kemarin, berdasarkan data di corona.blorakab.go.id jumlah positif Covid-19 mencapai 3.179 orang. Jumlah itu bertambah 5 orang dibanding hari sebelumnya.

Jumlah pasien positif yang dirawat di rumah sakit ada 18 orang dan isolasi mandiri ada 199 orang. Pihak otoritas kesehatan hingga kemarin telah melakukan swab sebanyak 17.152 sampel. Adapun jumlah pasien yang dinyatakan sembuh ada 2.821 orang, bertambah 78 orang dibanding hari sebelumnya. 

(ks/ful/him/top/JPR)

 TOP