alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Deswara Roadshow Petakan Potensi Wisata Desa

08 Januari 2021, 16: 57: 11 WIB | editor : Ali Mustofa

SEPI: Pengunjung wisata Telukawur menurun setelah ditutup pada libur Natal dan tahun baru.

SEPI: Pengunjung wisata Telukawur menurun setelah ditutup pada libur Natal dan tahun baru. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Forum Desa Wisata Jepara (Deswara) mulai roadshow memetakan potensi masing-masing desa untuk dikembangkan. Agar bisa menjadi desa wisata berkembang hingga desa wisata maju.

Ketua Deswara Jepara Abdul Rohman menjelaskan, terdapat 24 desa wisata di Jepara. Namun masih dalam kategori desa wisata rintisan. Selama ini pengelolaan desa wisata Jepara dianggap stagnan. Meski dari sisi infrastruktur setiap tahun ada penataan. Sedangkan pengembangan manajemen pengelolaan wisata masih ketinggalan dengan daerah lain.

Pihaknya keliling ke setiap desa wisata untuk memetakan potensi penggarapan desa wisata ke depan. Ia mengambil contoh Desa Telukawur, Kecamatan Tahunan. Selama ini dari sisi pendapatan wisata desa, termasuk yang tertinggi di antara desa lain. Lewat pengelolaan wisata pantai.

Ternyata setelah dipetakan dengan pihak desa dan pengelola, terdapat potensi lain yang bisa menunjang wisata pantai. Yakni budidaya rumput laut. ”Dari rumput laut ini bisa jadi wisata alternatif edukasi bagi pengunjung. Sehingga tidak melulu pengelolaan pantai,” tuturnya.

Ia menambahkan di masa pandemi ini wisata desa memang tidak bisa maksimal menggaet pengunjung. Apalagi ada penutupan. Momen itu dimanfaatkan untuk berdiskusi perencanaan pengembangan wisata desa. ”Satu per satu desa kami petakan. Bertahap sejak akhir 2020 kami keliling,” ujarnya. 

(ks/war/lid/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya