alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Features
icon featured
Features
M. Rovi Himawan, Atlet Taekwondo Berprestasi

Sabet Lima Medali Emas, Belum Pernah Cedera

07 Januari 2021, 09: 46: 27 WIB | editor : Ali Mustofa

M. Rovi Himawan

M. Rovi Himawan (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

Meski baru tiga tahun menekuni olahraga taekwondo, M. Rovi Hemawan telah menyabet lima medali emas di beberapa kejuaran bergengsi skala nasional dan internasional. Paling baru, ia menyabet 2 medali emas. Demikian dirinya belum pernah cedera.

MOH. NUR SYAHRI MUHARROM, Radar Kudus

SIANG itu Rovi baru saja keluar dari kampusnya yang berada di Jalan Taman Siswa, Kauman, Tahunan, Kabupaten Jepara. Ia baru saja berkonsultasi dengan dosennya terkait beberapa mata kuliah yang dia ambil.

Pemuda yang memiliki nama lengkap M. Rovi Himawan itu saat ini tengah masih duduk di bangku perkuliahan. Saat ini ia menginjak semester V. Ia berkuliah di Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara.

Saat itu ia berencana berlatih di gedung olahraga kampusnya. Ia telah membawa perlengkapan berlatih taekwondonya seperti seragam. Namun karena direnovasi, ia memilih ke perpustakaan. ”Gedungnya lagi direnovasi, yaudah saya ke perpustakaan saja,” ujar pemuda yang saat ini mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) itu.

Rofi sapaan akrabnya, memang tengah menggeluti dunia taekwondo. Ia salah satu atlet taekwondo yang dimiliki oleh Jepara.

Kecintaannya terhadap dunia beladiri berawal sejak tahun 2018 lalu. Ia mengikuti temannya yang lebih dulu mengikuti taekwondo. Selain itu ia ingin berlatih mengontrol diri dengan berlatih taekwondo dan sebagai sarana pelampiasan. ”Saya melihat mahasiswa itu jarang mengontrol fisik. Selain itu sebagai pelampiasan ketika saya stress. Karena kalau saya stress larinya ke olahraga,” ujar pemuda asli Jepara itu.

Pemuda yang lahir pada 19 Desember tahun 1998 itu mengaku meski baru mengenal taekwondo pada 2018, ia sudah beberapa kali mengikuti kejuaraan taekwondo. Kejuaran tersebut berskala nasional dan internasional. Belum lama ini baru saja menyabet 2 medali emas dalam ajang The Best of Indonesia International Changmookwan E Poomsae Championship 2020 dalam kategori Poomsae Male Individual dan Poomsae Pair tingkat international. Kejuaraan tersebut dilaksanakan secara virtual.

Sebelumnya ia juga meraih medali emas di ajang Indonesia Poomsae Championship 2020 dalam kategori Poomsae male individual tingkat nasional yang juga diadakan secara virtual dan diikuti peserta dari berbagai negara. Di 2019 Rovi juga pernah menyabet medali emas dalam ajang kejuaraan Pugnator Badung Sport Tourism Taekwondo International Championship 2019 dalam kategori Poomsae Male Individual tingkat international yang diadakan di Bali.

”Kejuaraan yang saya ikuti dan berlaga di gelanggang hanya dua kali. Yaitu saat berlaga di Jepara dan Bali. Kejuaraan lainnya saya ikuti secara virtual,” Kata Rovi.

Ia mengaku saat ini telah mengoleksi lima medali emas yang ia raih dari beragam kejuaraan tersebut.

Untuk meraih prestasi itu, Rovi mengaku banyak menghabiskan waktu untuk berlatih dan berolahraga setiap hari. Meski begitu, ia mengaku belum pernah merasakan cidera.

Rovi mengatakan Taekwondo merupakan sebuah olahraga beladiri yang lebih sering menggunakan kaki. ”Taekwondo dalam gerakan atau jurusnya lebih sering menggunakan kaki. maka perlu pemanasan yang cukup. Kalau kurang bisa saja terjadi kram atau kesleo,” kata Rovi.

 Ia mengatakan sebagai program latihan tiap harinya ia mulai sejak pagi dengan berlatih push up, pull-up, dan sit-up. Saat sore ia latihan pemanasan dan pelenturan serta beberapa jurus dalam taekwondo. ”Kalau Selasa dan Jumat saya latihan di kampus bareng pelatih dan teman-teman,” kata Rovi.

Selain fokus dalam kegiatan latihan taekwondo, pemuda asal Krapyak, Jepara ini juga fokus di beberapa organisasi kampus. ”Saya juga selain ikut taekwondo, saya baru-baru ini ikut perguruan silat juga di kampus,” ungkap Rovi secara antusias. (*)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya