alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Kabupaten Pati Kekurangan 2.459 Guru SD

04 Januari 2021, 10: 31: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

Winarto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati

Winarto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Kabupaten Pati mencatat, Pati kekurangan 2.459 guru sekolah dasar (SD). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati berupaya menambal kekurangan ini. Dengan mengajukan kuota pegawai pemerintah. Dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Disdikbud Pati Winarto mengatakan, kekurangan guru SD di Bumi Mina Tani ini, disebabkan berbagai hal. Salah satunya banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang telah purna tugas. ”Yang jelas di Pati untuk guru SD kurang 2.459. Itu pun tambah yang pensiun-pensiun (tahun) ini,” katanya saat ditemui di Pendapa Kabupaten Pati baru-baru ini.

Saat ini, pihaknya tengah mengajukan kekurangan ini untuk dipenuhi dalam program P3K. ”P3K yang pada 2019 menunggu hitungan hari atau minggu untuk diterima. Karena saat ini sedang proses. Kemudain P3K 2021 ini, proses pengusulan,” jelasnya.

Dia berharap, usulan kuota ini dapat diterima oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. semoga diajukan secara maksimal dan dipenuhi secara maksimal pula. Maksimal dalam artian sesuai kebutuhan. Karena kalau lebih juga pihaknya mengalami kesulitan penempatan.

”Semoga kami diberikan kuota yang besar. Kalau tidak ya menyesuaikan. Karena P3K kan dibagi seluruh Indonesia dan tidak kali ini saja,” harapnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri, berencana menggelar seleksi P3K di tahun ini. Semua guru honorer di Indonesia berpeluang menjadi P3K apabila lulus dalam tes ini. (adr)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP