alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik
Harno-Bayu Tak Henti Gugat Hasil Pilkada

Andalkan Kuasa Hukum, Parpol Dukung Kelengkapan Bukti

03 Januari 2021, 10: 03: 10 WIB | editor : Ali Mustofa

BERPAMITAN: Hafidz (batik) dan Harno (baju putih) tampak percaya diri usai turun dari panggung debat pada Desember lalu.

BERPAMITAN: Hafidz (batik) dan Harno (baju putih) tampak percaya diri usai turun dari panggung debat pada Desember lalu. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Pilkada Kabupaten Rembang belum usai. Meski pada penghitungan KPU Desember lalu hasilnya pasangan calon 2 Hafidz-Hanies unggul suara 5501 dari pasangan 1 Harno-Bayu. Atas selisih yang tak sampai sepuluh ribu itu, pasangan 01 memilih menggugat hasil ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Sekretaris Tim Pemenangan Harno-Bayu Puji Santoso mengaku sebagai partai pengusung telah memberikan dukungan. Mulai data, fakta, dan bukti yang dibutuhkan kuasa hukum dan tim pencari fakta.

”Benar sudah ada timnya sendiri. Mulai proses pengajuan dan macam-macam. Sudah mengajukan, sebab sudah ada kuasa hukum. Kita sebagai tim pendukung hanya berdoa dan mendukung apa yang bisa kami lakukan,” ujarnya pada Jawa Pos Radar Kudus.

Agus Sutrisno, Ketua PKS Rembang (kiri) dan Puji Santoso, Sekretaris tim Harno-Bayu (kanan)

Agus Sutrisno, Ketua PKS Rembang (kiri) dan Puji Santoso, Sekretaris tim Harno-Bayu (kanan) (DOK PRIBADI FOR RADAR KUDUS)

Sejauh ini semua proses sudah dilaksanakan. Tim kuasa sudah bekerja. Jadi tim pendukung mempercayakan penuh tim kuasa hukum. Jadi bila diperlukan data tim pengusung siap memberikan kebutuhannya begitupun sebaliknya.

Prinsip tim pengusung mendukung. Tetap harus bersama. Baik suka maupun duka. Karena proses tahapan sudah dilalui. Sudah berusaha sekuat tenaga. Jadi apapun yang dilakukan men-suport, jadi tidak begitu saja ditinggalkan.

”Sudah ada kuasa hukum. Kita serahkan mereka, satu ranah politik dan hukum. Kita berikan kepercayaan kepada mereka,” imbuhnya.

Memang tim parpol pengusung hanya sebatas memberikan informasi. Lalu jika membutuhkan klarifi kasi. Terkait adanya kecurangan di masing-masing daerah kecamatan. Di TPS, tim parpol pengusung diminta keterangan.

Misal di wilayah Dapil Lasem-Pancur. tidak ada. Lalu ada ditemukan kotak tidak tersegel. Lalu ditanyakan, difasilitasi, saksi dan KPPS siapa ditemukan. Selebihnya tim kuasa hukum berkomunikasi dengan calon.

Senada disampaikan tim parpol pengusung lainnya. Ketua PKS Rembang Agus Sutrisno menyatakan terkait adanya gugatan di MK sudah ditangani tim khusus. Kaitannya dengan sengketa pemilu.

”Kalau dari tim pengusung tidak banyak mengikuti. Karena ada tim khusus yang sudah menangani,” jelasnya.

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya