alexametrics
Kamis, 21 Jan 2021
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

PLTU Rembang Bagi Ratusan Tanaman Buah di Hari Pohon

30 Desember 2020, 07: 59: 17 WIB | editor : Ali Mustofa

PEDULI: PT PJB UBJOM PLTU Rembang menyerahkan bantuan pohon pada DLH Rembang. Tak hanya itu PJB juga melakukan MoU atas komitmen bersama penghijauan di Kota Garam.

PEDULI: PT PJB UBJOM PLTU Rembang menyerahkan bantuan pohon pada DLH Rembang. Tak hanya itu PJB juga melakukan MoU atas komitmen bersama penghijauan di Kota Garam. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – PT. Pembangkit Jawa-Bali Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan (UBJOM) PLTU Rembang terus menjalankan bisnis energi inovatif dalam menjaga lingkungan. Ini dilakukan sesuai dengan misi perusahaan yang konsisten menjaga program penghijauan dan peningkatan keanekaragaman hayati berbasis PROPER dalam satu kesatuan tata kelola  lingkungan hidup.

Ungkapan ini disampaikan Habib Muhajir, Manajer Pemeliharaan didampingi Uslah Hidayati, Supervisor Lingkungan PT PJB UBJOM PLTU Rembang saat memperingati Hari Pohon di gedung Simulator lantai 2 PLTU Rembang kemarin.

Habib menyampaikan kawasan konservasi penghijauan PLTU Rembang berupa hamparan yang tidak terpakai untuk kegiatan inti atau pusat produksi. Kekosongan pada area ini yang kemudian dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau dan lokasi penanaman beragam jenis pohon. Dari total luasan kawasan PLTU seluas 55 ha.

Konsepnya mengembangkan kawasan konservasi PLTU Rembang untuk meningkatkan keanekaragaman hayati. dan sebagai bentuk pengendalian lingkungan. Melalui masterplan yang sudah direncanakan.

”Hari ini diundang DLH Rembang. Sekaligus untuk memperingati hari pohon. Di bulan November. Karena di bulan pandemi cukup berisiko apabila melakukan kegiatan tersebut. Dilakukan simbolis penyampaian bibit, sekaligus penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan DLH. Dalam rangka program penghijauan di Kabupaten Rembang,” terangnya.

Selain program penghijauan yang ada di kawasan konservasi PLTU, PT PJB UBJOM Rembang juga melakukan beberapa pembibitan dan pengembangbiakan tanaman dari sistem stek, cangkok maupun biji. Baik itu pengembangbiakan tanaman jenis buah, tanaman tanam maupun jenis mangrove.

Pada kesempatan perayaan Hari Pohon ini, PLTU Rembang juga menyalurkan ratusan pohon untuk penghijauan area Rembang. Di antaranya adalah 200 bibit pohon sawo manila, mangga okulasi, jambu air dan alpukat. Jenis-jenis tanaman ini merupakan hasil koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Rembang dan menyesuaikan kebutuhan daerah Rembang.

Masih dalam kesempatan memperingati hari pohon, di kawasan PLTU Rembang sendiri bersama perwakilan masyarakat dan perwakilan kelompok tani, melakukan beberapa penanaman  beberapa macam jenis. Diantara ada sawit, aren, pohon cendana, pohon karet, nyamplung, kahiyang, durian, alpukat, juwet dan masih banyak beberapa pohon lainnya.

”Setiap tahun kita ada penanaman maupun pembibibitan. Dipuncaknya kebetulan hari pohon dan menyesuaikan iklim. Ketika hujan puncaknya tanam. Sebelum hari pohon juga rutin, berupa perdu atau yang tidak besar-besar,” imbuhnya.

Perwakilan DLH Rembang, Budi Prianggodo membenarkan dari DLH setempat mendapatkan bantuan tanaman dari PLTU Rembang. Tanaman yang diterima salah satunya berupa mangga, jambu air dan sawo.

”Tanaman-tanaman tersebut merupakan tanaman buah. Akan ditanam di lokasi-lokasi yang menjadi wilayah atau milik Pemkab,” keterangannya.

Pertama untuk memperbanyak atau membuat lokasi yang terdapat tanaman buah tersebut. Kedua sebagai bentuk penghijauan. Ketiga nantinya bisa menjadi percontohan, baik bagi Pemkab Rembang maupun masyarakat ke depan.

Bahwa tanaman buah ini selain sebagai tanam penghijauan, juga bisa menjadi tanaman penghasil atau bisa mendapatkan sisi ekonomi. Harapan DLH kedepan tanaman ini dapat dikembangkan kembali. Khususnya di tempat-tempat yang lain.

”Terutama di wilayah-wilayah yang kategori tandus. Untuk bisa menjadi hijau kembali. Ini salah satu komitmen Pemkab Rembang terkait dengan pengelolaan lingkungan baik secara alam maupun administrasinya,” imbuhnya. 

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP