alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

PTM Batal, Sekolah di Blora Tetap Siapkan Infrastruktur Prokes

29 Desember 2020, 14: 55: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

DITUNDA LAGI: Suasana pembelajaran tatap muka (PTM) di salah satu SMP beberapa waktu lalu.

DITUNDA LAGI: Suasana pembelajaran tatap muka (PTM) di salah satu SMP beberapa waktu lalu. (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA – Kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) memang dihentikan pada awal Desember lalu. Menyusul kasus positif Covid-19 yang terus naik. Rencana awal, Januari membuka lebih banyak sekolah untuk PTM juga batal. Namun, pihak sekolah tetap diminta menyiapkan infratruktur protokol kesehatan (prokes), seperti penyediaan tempat cuci tangan dan pengaturan jam pelajaran.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Blora Endang Rukmiati mengungkapkan, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Blora tetap menginstruksikan kepada sekolah untuk menyiapkan infrastuktur prokes. Dengan begitu, ketika nantinya PTM diberlakukan lagi, pihak sekolah sudah siap.

”Petunjuk baru dari Kemdikbud, kami wajib menyampaikan ke kepala sekolah untuk persiapan tatap muka. Nanti tinggal pemerintah daerah kalau sekolah boleh dibuka lagi, kami segera siap-siap,” tuturnya kemarin.

Endang menjelaskan, semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dimulai pada 4 Januari. Namun karena kebijakan PTM dibatalkan, pembelajaran tetap dilakukan secara jarak jauh alias daring atau online. Hingga kemarin pun pihaknya fokus untuk menyiapkan sekolah-sekolah yang mengajukan pembelajaran tatap muka.

”Untuk SMP yang negeri hampir semuanya sudah mengajukan. Sudah lebih dari 50 persen. Untuk SD yang siswanya di bawah 100 orang yang diprioritaskan,” jelas Endang.

Endang menegaskan, berdasarkan instruksi gubernur Jateng, pihak sekolah memang belum dibolehkan menggelar pembelajaran tatap muka lagi. Sebab, kasus positif sedang meningkat. Karena itulah, dari Pemkab Blora pun belum berani memberikan izin PTM. (ful/lin)

(ks/ful/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya