alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

Paslon 02 Tak Ada Persiapan Khusus Hadapi 01 di Mahkamah Konstitusi

KPU Rembang Tunggu Materi Gugatan

22 Desember 2020, 12: 07: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

Paslon 02 Tak Ada Persiapan Khusus Hadapi 01 di Mahkamah Konstitusi

REMBANG - Tim pasangan calon (pason) 02 hadapi santai menanggapi gugatan pason 01 ke Mahkamah Konstitusi (MK). KPU Rembang masih menunggu kejelasan materi gugatan.

Komisioner KPU Rembang Musoffa mengatakan masih menunggu proses gugatan tersebut akan masuk ke buku regrisgrasi perkara konstitusi. Sebab, kata dia, baru tahap masuk ke MK. Setelah itu akan diteliti MK.

”Nanti masuk buku regristasi perkara konstitusi,” katanya.

Setelah itu, lanjut dia, KPU akan mendapatkan salinan terkait apa yang didalilkan oleh pemohon.  ”Itu yang akan menjadi materi jawaban kami,” imbuhnya.

Meski demikian, persoalan saat rekap di tingkat kabupaten akan menjadi salah satu fokus untuk mempersiapkan diri.

Abdul Hafidz - Muhammad Hanies Cholil Barro' menegaskan tak ada persiapan apapun. Dan akan mengikuti dinamika tersebut.

Calon Bupati (Cabup) 02 Abdul Hafidz menganggap gugatan tersebut ditujukan kepada pihak penyelenggara. Yang dalam hal ini Komisi Pemiihan Umum (KPU) Rembang. ”Kami tidak menyiapkan itu. Karena yang digugat penyelenggara pemilu. Jadi tidak menyiapkan itu,” katanya kepada awak media baru-baru ini.

Sementara itu, dari tim pemenangan kabupaten, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Rembang Sumarsono sudah mencermati perhitungan yang sudah dilaksanakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), rekapitulasi tingkat kecamatan, hingga rekapitulasi kabupaten.

Dari dinamika-dinamika yang terjadi, lanjut Sumarsono, tidak bisa dipungkiri ada ruang mengajukan gugatan yang waktunya relatif pendek. Yakni tiga hari setelah surat keputusan (SK) KPU turun pada (15/9).

”Kami atas nama tim sukses Hafidz-Hanies akan melihat proses itu. Kami melihat fakta saja,” ujarnya.

Pihaknya juga sudah mencatat beberapa keberatan yang sudah disampaikan tim 01 kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rembang. Poin-poin tersebut, kata dia, akan diikuti prosesnya. ”Itu sudah menjadi domain KPU dan Bawaslu,” imbuhnya.

Selain melalui jalur MK, tim 01 juga melaporkan sejumlah dugaan pelanggaran kepada Bawaslu Rembang yang menuntut Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah kecamatan. Kubu Harno-Bayu Andriyanto mengklaim ada 20 poin temuan. Seperti kotak suara yang tidak tersegel, hingga adanya dugaan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang memberikan lebih dari satu surat suara kepada pemilih.

Senada, menanggapi hal ini, ketua Tim Pemenangan Paslon 02 Zaimul Umam menyampaikan, pihaknya tetap mempersiapkan apabila harus ada alur yang harus ditempuh. Untuk domain, lanjut Plt Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rembang itu merupakan ranah penyelenggara pemilu.

”Kami tetap akan mempersiapkan segala kemungkinan tadi. Kalau pun itu ditindak lanjuti, kami (tim 02, Red) adalah yang terkait,” jelasnya. 

(ks/vah/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya