alexametrics
Selasa, 26 Jan 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Dua SMP di Pati Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

18 Desember 2020, 15: 06: 46 WIB | editor : Ali Mustofa

Dua SMP di Pati Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

PATI – Dua sekolah tingkat SMP dipilih Satgas Covid-19 untuk menggelar simulasi pembelajaran tatap muka, untuk tahun ajaran 2021 nanti. Dua sekolah itu adalah SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 5 Pati.

Nantinya kedua sekolah itu akan menjadi percontohan bagi sekolah lainnya. Hal itu ditegaskan saat kegiatan video conference bersama Bupati Haryanto belum lama ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati Winarto mengungkapkan simulasi pembelajaran tatap muka itu dilakukan agar para tenaga pendidik responsif terhadap kebijakan SKB 4 Menteri maupun responsif terhadap situasi dan kondisi yang ada saat ini. Selain itu yang tak kalah penting, juga responsif terhadap tugas dan tanggung jawab.

Winarto menuturkan, pihaknya juga akan membahas lebih lanjut tugas para guru, maupun para pengawas. Winarto menegaskan terkait persiapan pembelajaran 2021, ia menyebut pemerintah mencoba mengambil keputusan yang aman bagi guru, murid dan orang tua.

“Pembelajaran dilakukan secara bertahap. Yaitu pertama simulasi dulu, yang ditunjuk adalah SMP 3 dan SMP 5. Apa yang nantinya dilaksanakan SMP 3 dan SMP 5 ini harapannya dapat menjadi percontohan bagi sekolah lain,” papar Winarto.

Selain mewajibkan penyiapan sarana dan prasarana protokol kesehatan, lanjut Winarto, pihak sekolah juga harus menyiapkan data periksa sampai data pemetaan komorbid. Hal ini dilakukan agar pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan berjalan aman dan lancar, sehingga tidak menimbulkan klaster baru di lingkungan sekolah. 

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP