alexametrics
Selasa, 26 Jan 2021
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

Partisipasi Pemilih di Pilkada Rembang Jadi Runner Up Se-Jateng

18 Desember 2020, 10: 04: 25 WIB | editor : Ali Mustofa

FOKUS: Staf KPU Rembang menulis hasil rekapitulasi suara pilkada di papan tulis saat proses rekap kabupaten di Balai Kartini baru-baru ini.

FOKUS: Staf KPU Rembang menulis hasil rekapitulasi suara pilkada di papan tulis saat proses rekap kabupaten di Balai Kartini baru-baru ini. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – Partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Rembang menjadi runner up se-Jawa Tengah. Angkanya juga melampaui target dari yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang.

Dalam perhelatan pesta demokrasi tingkat kabupaten pada 9 Desember lalu itu, di Kota Garam tercatat ada 490.687 daftar pemilih tetap (DPT). Mereka terbagi di 1.368 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di 294 desa se-Rembang.

Dalam pilkada itu, terhitung jumlah total ada 422.973 suara sah. Sementara 5.586 suara dinyatakan tidak sah. Sehingga jika ditotal ada 428.559 pemilih. Jumlah partisipasi ini, jika dipersentase sudah mencapi 86 persen.

Ketua KPU Rembang M Ika Iqbal Fahmi menyampaikan, dengan jumlah tersebut sudah melebihi dari target yang ia tetapkan sebelumnya. Sekitar 77,5 persen. ”Partisipasi di angka 86 persen," katanya.

Jumlah itu diketahui setelah diadakan rekapitulasi di tingkat kabupaten pada Selasa (15/12) lalu. Memang dalam perjalanannya terjadi dinamika. Tetapi hal tersebut tak mempengaruhi keabsahan hasil rekapitulasi.

Saat ini, pihak KPU Rembang masih menunggu jangka tiga hari setelah pleno rekapitulasi tingkat kabupaten. Apakah nantinya ada gugatan atau tidak dari salah satu pasangan calon (paslon) calon bupati dan calon wakil bupati (cabup dan cawabup).

”KPU bekerja sesuai dengan regulasi yang ada. Kalau memang ada paslon yang keberatan, itu hak mereka," jelasnya. 

(ks/vah/lin/top/JPR)

 TOP