alexametrics
Kamis, 21 Jan 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Usung Konsep Busana Lokal yang Kekinian

15 Desember 2020, 09: 42: 38 WIB | editor : Ali Mustofa

Nia Faradiska Noor Isfaiza

Nia Faradiska Noor Isfaiza (DOKUMENTASI PRIBADI)

Share this      

NIA Faradiska Noor Isfaiza seorang desainer muda. Kencintaan dengan budaya lokal Kudus ingin mewujudkan suatu brand pakaian buatannya. Tujuannya agar anak muda mencintai budaya daerahnya sendiri. 

Nia sapaan akrabnya tengah mengikuti kursus desain di Surabaya. Tahun depan ia menamatkan pendidikannya tersebut. Setelah itu, perempuan 20 tahun tersebut ingin menciptakan brand sendiri dari hasil tangan seninya.
”Sudah ada recana dan kosep, tunggu lulus dulu baru mulai menciptakan,” katanya.
Terkait konsepnya, Nia sendiri mengusung tema kolaborasi antara seni kontenporer dan tradisional. Secara kemasan produknya itu cocok dipergunakan anak muda. Tentunya dengan polesan budaya lokal Kudus. Untuk coraknya, Nia memilih batik Kudus diaplikasikan ke dalam baju yang kekinian.
”Bakal keren jika dikolaborisakan. Saya ingin mengajak anak muda cinta dengan budayanya lokal sendiri,” harapnya.

Perempuan asal Desa Ngembalrejo ini mengaku, butuh ide dan asupan mood khusus dalam memikirkan konsep tersebut. Terkadang untuk meningkatkan moodnya yang lagi ngedown, Nia cenderung memilih menonton fashion show secara daring.

Alumni SMK NU Banat Kudus ini berharap, anak muda jangan mengacu pada gaya berbusana yang kekinian saja. Namun ada produk lokal jika dikolaborasikan akan menimbulkan estetika dan gaya berpakaian secara beda. 

(ks/gal/zen/top/JPR)

 TOP