alexametrics
Kamis, 21 Jan 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Bikin Biro Tour karena Hobi Ngetrip

08 Desember 2020, 10: 12: 40 WIB | editor : Ali Mustofa

Ofizuga

Ofizuga (INTAN MAYLANI SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

HOBI traveling sudah lama dimiliki Ofizuga. Ofi -sapaan akrabnya- kerap berkeliling ke beberapa daerah setiap akhir pekan. Dari hobi ngetripnya itu, Ofi kini membuka biro perjalanan wisata.

”Saya mulai belajar membuka biro tour yang saya namakan Javas Tour Travel. Kepikiran ide ini karena saking seringnya jalan-jalan. Semakin banyak channel. Akhirnya iseng buat ide biro tour. Malah banyak antusias dari masyarakat,” ujar perempuan yang beralamatan di RT 2\RW 10 Jalan Kauman Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi ini.

Padahal sebelum membuka bisnis tersebut, Ofi sempat bekerja di perbankan dan akhirnya ia memutuskan resign. Karena ingin fokus mengurus biro tour yang mulai ia bangun tersebut.

Namun, baru berjalan beberapa bulan ada pandemi Covid-19. Sehingga pendapatannya menurun 50 persen. ”Adanya pandemi ini tentu berpengaruh sekali. Apalagi banyak wisata yang ditutup, adanya PSBB di setiap daerah. Sempat vakum beberapa bulan,” keluhnya.

Tapi ia tak berputus asa. Meski sempat nyaris gulung tikar, perempuan kelahiran 10 Agustus 1987 ini berusaha bangkit secara perlahan. Ia mulai berani membuka bisnisnya lagi namun menjalankan protokol kesehatan (prokes). Utamanya pemakaian masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

”Mulai berani jalan tapi menerapkan 3M. Meski belum pulih sepenuhnya namun kami coba perlahan bangkit,” katanya. 

(ks/int/lid/top/JPR)

 TOP