alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Habib Luthfi: Media Harus Bisa Menjawab Kebutuhan Publik

26 November 2020, 22: 07: 48 WIB | editor : Ali Mustofa

Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi menyerahkan Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2020 tersebut di kediaman Habib Luthfi, Selasa (24/11) sore.

Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi menyerahkan Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2020 tersebut di kediaman Habib Luthfi, Selasa (24/11) sore. (Lutfi Hanafi/Radar Semarang)

Share this      

PEKALONGAN – Jawa Pos Radar Semarang berkesempatan untuk menyampaikan secara langsung apresiasi terhadap Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya di kediaman Habib Luthfi Selasa (24/11).

Dalam dakwahnya di sela pemberian Anugerah Jawa Pos Radar Semarang, Habib Luthfi mengingatkan peran penting media mainstream di era sekarang.

Menurut ulama yang juga anggota Watimpres tersebut media harus bisa mengangkat secara ilmiah aktivitas dari pedesaan sampai ke kota. Melihat apa yang dibutuhkan publik sekarang, apakah media mampu mengembangkan hasil karya ilmiah. Seperti penemuan herbal petani untuk menunjang membantu kehidupan publik. Tidak semata-mata media pemberitaan belaka.

“Harus ada sekat juga, yang politik ditulis secara politik harus dilihat apakah itu diharapkan oleh publik atau tidak. Atau malah membuat publik semakin pusing memikirkannya, semakin menjadi pemicu karena kesalahpahaman,” tandasnya.

Habib Luthfi menegaskan bahwa bahasa adalah unsur terpenting. Sama halnya dengan dakwah yang dilakukannya. Ia mendekatkan diri agar masyarakat awam memahami betul apa yang disampaikan. Tidak menggunakan bahasa yang melangit.

“Saya tidak banyak menggunakan bahasa akademis, karena belum tentu semuanya mampu menerima dengan bahasa tersebut. Saya melayani awam itu dengan sedikit campuran bahasa krama inggil, atau sedikit memberikan pengertian dengan bahasa akademis. Walaupun persentasenya kecil. Yang penting menyentuh,” tegasnya. (yan/nra/bas)

(ks/top/top/JPR)

 TOP