alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

DPRD Jepara Setujui APBD 2021

Anggaran Belanja Bertambah Rp 6,2 Miliar

26 November 2020, 16: 10: 24 WIB | editor : Ali Mustofa

KOMPAK: Pimpinan dewan menyerahkan rancangan APBD tahun anggaran 2021 pada Bupati Jepara usai diberikan persetujuan kemarin.

KOMPAK: Pimpinan dewan menyerahkan rancangan APBD tahun anggaran 2021 pada Bupati Jepara usai diberikan persetujuan kemarin. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - DPRD Jepara menyetujui penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021. Persetujuan diberikan dalam rapat paripurna pengambilan keputusan yang berlangsung di Ruang Paripurna kemarin pagi.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Haizul Ma’arif didampingi Wakil Ketua Junarso, Pratikno, dan KH Nuruddin Amin. Dari unsur eksekutif, hadir Bupati Jepara Dian Kristiandi beserta para pimpinan perangkat daerah.

Pelapor Badan Anggaran Khoirun Niam menyampaikan, belanja APBD 2021 disetujui Rp 2.075.952.731.000 bertambah Rp 6.196.826.000 dibanding draf yang diajukan eksekutif. Hal tersebut menjadi kesepakatan Bangar dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) selama pembahasan yang berlangsung hingga 11 kali.

Dinaikkannya rencana belanja daerah, seiring dengan tercapainya kesepakatan Bangar dan TAPD untuk menaikkan target pendapatan daerah hingga Rp 5,2 miliar. Dengan demikian, pendapatan daerah yang dalam pengajuan eksekutif hanya Rp 1.944.756.814.000 disetujui menjadi Rp 1.949.953.640.000.  Di luar itu, terdapat tambahan target penerimaan pembiayaan Rp 1 miliar.

Sementara itu, penetapan belanja daerah yang berada di atas total target pendapatan, menjadikan APBD 2021 mengalami defisit hingga Rp 126 miliar. Defisit itu ditutup dari pembiayaan netto dengan angka yang sama.

Persetujuan penetapan APBD 2021 itu, disertai dengan 15 saran dari Bangar. Salah satunya ada edaran dari perangkat daerah terkait (Dinsospermasdes) kepada pemerintah desa, agar dalam APBDes, dialokasikan anggaran untuk kegiatan bimbingan atau pelatihan kepada para petani.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan terima kasihnya kepada legislatif yang telah berkenan membahas APBD 2021 dengan intens. ”Secara khusus saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Badan Anggaran bersama komisi-komisi DPRD Jepara yang telah bekerja keras mempercepat dan merampungkan pembahasan rancangan APBD Jepara Tahun Anggaran 2021, sehingga Rancangan Peraturan Daerah ini dapat disetujui bersama sesuai jadwal yang telah ditentukan. Sehingga proses evaluasi Ranperda oleh gubernur dapat segera dilaksanakan,” ungkapnya.

Terkait hasil, Andi memaklumi hasil pembahasan berupa kenaikan target belanja. ”Aspirasi-aspirasi yang secara dinamis berkembang dalam pembahasan, tidak lain dalam kerangka peningkatan layanan kepada masyarakat. Di antaranya bertambahnya anggaran, khususnya pemeliharaan jalan dan jembatan,” imbuhnya. 

(ks/emy/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya