alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Peduli Barongan, Kemensos Gelontor Seniman Rp 50 Juta

26 November 2020, 14: 05: 47 WIB | editor : Ali Mustofa

KEARIFAN LOKAL: Pemain reog barongan Hargo Budoyo dari Desa Sumbergayam, Kecamatan Kragan pentas di pendapa SMAN 1 Kragan menyambut perwakilan dari Kementerian Sosial kemarin.

KEARIFAN LOKAL: Pemain reog barongan Hargo Budoyo dari Desa Sumbergayam, Kecamatan Kragan pentas di pendapa SMAN 1 Kragan menyambut perwakilan dari Kementerian Sosial kemarin. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG  - Kelompok reog barongan Hargo Budoyo, Desa Sumbergayam, Kecamatan Kragan, mendapat bantuan Rp 50 juta dari Kementerian Sosial (kemensos). Dana tersebut dimanfaatkan untuk membeli gamelan dan seragam reog guna menunjang eksistensi kesenian lokal.

Kemarin kelompok kesenian tersebut pentas. Di pendapa SMAN 1 Kragan. hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Forkompincam dan perwakilan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Rembang dan Jateng serta tuan rumah.

Agendanya pentas dan monitoring bantuan kemensos. Dalam rangka melaksanakan program penguatan kearifan lokal. Guna mencegah konflik sosial dan penyebaran paham radikalisme. Bagi desa masyarakat Sumbergayam, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang.

Pendamping PKH Kragan sekaligus Ketua Panitia Abdul Hadi mengucapkan terima kasih atas bantuan Kemensos yang telah memberikan dana. Sehingga reog Hargo Budoyo bisa berkembang lebih baik.

”Diajukan melalui DinsosPPKB Kabupaten Rembang kepada Kemensos. Diajukan sebesar Rp 50 juta. Pada tanggal 01 September 2020 sudah cair. Sudah dilaksanakan sesuai dengan anggaran yang ada,” ungkapnya.

Hadi menyebutkan sebelum mendapatkan bantuan dari kementerian. Gamelan awalnya sewa. Kini sudah mempunyai sendiri dan dibelikan seragam reog juga.”Alhamdulillah bantuan ini sangat membantu kami,” imbuhnya.

Mustajab, Kepala Bidang Rehabilitasi Dan Jaminan Sosial pada Dinsos PPKB Rembang mengucapkan terima kasih kemensos atas bantuan yang digelontorkan. Mudah-mudahan bantuan bisa dan bermanfaat khususnya bagi warga masyarakat Kecamatan Kragan dan khususnya Sumbergayam.

”Kami harapkan bantuan ini dapat mencegah konflik sosial dan penyebaran paham radikalisme,” imbuhnya.

M. Yusuf, Kepala Panti PPSDM Pangruti Mulyo Rembang selaku Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Jateng merasa senang kelompok reog barongan Hargo Budoyo, Desa Sumbergayam saat ini sudah memiliki peralatan. Pihaknya berharap bantuan Kemensos bisa menambah semangat gotong royong, mencegah radikalisme dan ketahanan masyarakat dengan merawat kearifan lokal. 

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya